Pemdes Sungai Ringin Gelar Sosialisasi Pengorganisasian Paralegal

SEKADAU [ www. mediakapuasraya.com ] – Sebagai bentuk upaya pemerintah dalam melakukan pendampingan serta memberi bantuan hukum sesuai UU Nomor : 16 tahun 2011 dan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 88 / PUU- X / 2012 dan pasal Amar Konstitusi , pasal 28 D ayat 1 dan pasal 204 ayat 21 tentang bantuan hukum kapada warga negara.

Desa sungai ringin gelar kegiatan sosialisasi pengorganisasian melalui pembentukan dan Fasilitasi Paralegal untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang bertempat di kantor Desa sungai ringin dan dibuka langsung oleh camat Sekadau hilir, Hermanto.

Dalam sambutannya, camat Sekadau hilir menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak melayani segala sesuata bentuk sumbangan yang tanpa persetujuan oleh perangkat desa setempat  setidaknya tingkat RT/RW.

Selain itu, ia juga menyampaikan apabila ada sebuah organisasi diwilayah tersebut untuk segera melakukan registrasi ke-absahannnya, semua itu dikarenakan apabila ada hal yang tak diinginkan terjadi dapat dibantu dalam proses hukumnya.

Menurutnya, paralegal yang dimaksud yakni seseorang yang bukan sarjana hukum tetapi memiliki pengetahuan , keterampilan dan pemahaman dasar tentang hukum dan hak asasi manusia yang mendayagunakan pengetahuan itu untuk memfasilitasi ikhtiar perwujudan hak-hak asask masyarakat miskin tau komunitasnya.

“ legalitas sebuah organisasi itu penting, karena bila ada masalah kita bisa bantu pendampingannya “, Ujarnya, kamis 8/12/16.

Dikatakannya juga, kegiatan paralegal pada suatu sisi bergerak didalam hubungan-hubungan hukum sebagai fungsi yang menjembatani komunitas yang mengalami ketidakadilan atau pelanggaran HAM dengan sistem hukum yang berlaku dan sementara pada siso lainnya bergerak didalam hubungan-hubungan sosial sebagai fungsi memediasi, advokasi dan pendampingan masyarakat.

Ia menjelaskan, siapa saja yang layak atau bisa menjadi Paralegal  dan pada intinya siapapun bisa menjadi paralegal seperti pemimpin komunitas, ketua suku, pemuka agama, tokoh pemuda, Mahasiswa, actives serikat Buruh, Aktivis serikat tani, Guru dan anggota komunitas masyarakat lainnya.

Sementara itu, Kades sungai ringin mengatakan sangat menyambut baik organisasi bantuan hukum yang ada didesanya. Memang, seharusnya bulan lalu sudah kita laksanakan dan dikarenakan satu dan lain hal sehingga baru sekarang bisa dilaksanakan.

“ sebenarnya bulan lalu, tapi ada satu dan lain hal makanya baru sekarang bisa kita sosialisasikan ke masyarakat “, Ujarnya.

Hadir dalam kegiatan, Babinkamtibmas desa sungai ringin Brigadir. Anggre Jaya leksana, Kapolsek AKP. muhadi, Danramil 15 Sekadau hilir Lettu Inf. Agus mulyanah , Camat Sekadau hilir Hermanto , Ketua BPD Gaspar Jeharun, RT/RW, PKK, tomas, ketua adat desa dan para undangan. ( Herman )

__Terbit pada
08/12/2016
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya