Stok Telur dan Daging Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang Wiryono mengatakan, stok telur ayam dan berbagai jenis daging menjelang perayaan  hari raya  natal 2016  dan tahun baru  2017 masih aman.

“Kebutuhan daging sapi untuk desember diperkirakan 240 ekor, 50 persen mampu kita cukupi dari daerah, sisanya dari luar,” ujarnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (07/12/2016).

Kebutuhuan daging ayam potong di Sintang  nomalnya 4,5 ribu ekor perhari. Menjelang perayaan  hari raya natal dan tahun baru permintaan belum melonjak secara signifikan, namun 70% kebutuahan ayam potong dapat dipenuhi dari daerah.

“sisanya kita ambil dari luar, kalau daging babi aman, semua bisa di penuhi dari daerah,” tambahnya.

Semenatar lanjut Dia, Konsumsi telur ayam di snitang perhari berkisar 20ton, hari raya 25-30 ton,“Sintang baru mampu produksi telur 2kwintal saja per hari, untuk memenuhi kebutuhan tiap hari dan hari raya hampir 100 persen telur didatangkan dari luar termasuk Singkawang,” sambungnya.

Diakatakknya permintaan telur dan dagin untuk natal dan tahun baru tidak mengalami lonjakan yang signifikan.”Permintaan baru meroket saat  hari raya lebaran,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top