Satu Anggota Polres Sekadau Dipecat

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]- Satu anggota Polres Sekadau Brigadir Cahyadi Tasya, resmi diberhentikan dengan tidak hormat sebagai anggota Polri akibat indisipliner. Pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dilakukan di halaman Polres Sekadau, Senin (28/11/2016) pagi yang dikemas dalam sebuah upacara resmi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat.

Kapolres Sekadau menerangkan Brigadir Cahyadi Tasya dinyatakan telah terbukti melakukan pelanggaran Pasal 14 ayat 1 huruf A, PP No 1 tahun 2003. yakni telah meninggalkan tugas secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja.

“Akibat tindakannya yang mencoreng nama baik jajaran Polres Sekadau, semua ini  (PTDH) harus kita lakukan. Dan semuanya pun telah melalui proses sidang disiplin dan sidang etik profesi polri,” ujarnya.

Kapolres menerangkan pemberhentian tidak dengan hormat terhadap personel baru kali pertama dilakukannya semejak dirinya mejabat sebagai Kapolres. Sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat mestinya anggota Polri menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Peristiwa seperti ini tentunya sangat disayangkan oleh kita semua, namun demi organisasi yang kami cintai ini, maka upacara PTDH ini pun tetap dilaksanakan,” ujar Kapolres

Menurutnya, hal ini merupakan implementasi dari komitmen Polri untuk menegakkan disiplin anggota. Yakni, dengan memberikan reward kepada anggota yang berprestasi dan memberikan punishment kepada anggota yang melanggar disiplin.

Dikatakannya upaya penegakan disiplin dan kode etik kepolisian sangat dibutuhkan guna terwujudnya pelaksanaan tugas dan tercapainya profesionalisme Polri.

”Sangat tidak mungkin penegakan hukum dapat berjalan dengan baik, apabila penegak hukumnya sendiri tidak disiplin dan tidak profesional,” pungkasnya.

Kapolres mengatakan, peristiwa ini hendaknya menjadi  pelajaran bagi anggota Polri lainnya, supaya tidak melakukan tindakan serupa.

“jangan lakukan tindakan yang dapat mencoreng institusi polri, laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pesannya. (Herman/red)

__Terbit pada
28/11/2016
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya