BPM-KBPD Sekadau Akan Gelar Pelatihan BUMDes di Bandung

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com] – Badan Pemberdayaan Masyarakat Kesatuan Bangsa dan Pemerintahan Desa ( BPM-KBPD ) Kabupaten Sekadau memberikan pelatihan kepada 87 Kepala Desa dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan digelar di Bandung Jawa Barat pada 23-25 November mendatang. Pelatihan ini mengacu ketentuan sesuai Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Kegiatan ini dilaksanakan  guna mendorong pemanfaatan potensi yang berdampak pada perekonomian karena belum separuh desa yang ada memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sendiri.

Menurut Bayu Dwi Harsono, baru 10 desa yang sudah memiliki BUMDes dari 87 desa yang ada.

“Dengan adanya kegiatan ini , diharapkan setiap desa untuk memiliki BUMDes. Seperti yang ada di desa Nanga kiungkang, yang telah dapat mengelola perkebunan milik desanya sendiri dan itu semua sangat kita apresiasi demi kemajuan desanya,” ujar Bayu, Selasa (22/11/2016)

Dikatakannya pula,  tujuan dari pelatihan itu agar pihak desa belajar banyak tentang tata kelola dan management yang akan  diterapkan di desanya masing-masing. “ kita apresiasi kegiatan itu demi peningkatan perekonomian desanya masing-masing,” kata Bayu,

Sementara Kades Perongkan Heryono mengakui, di desanya belum ada BUMDes, tapi potensi di desanya sudah ia petakan dan akan dikelola oleh BUMDes. Dampaknya pun akan lebih baik pula untuk desa.  “Untuk desa Perongkan kita akan kelola dibidang perkebunan yaitu seperti komoditi sawit dan karet,” ujarnya singkat. ( Herman )

__Terbit pada
22/11/2016
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya