Komisi B DPRD Sintang Minta Kontraktor Terkait Perbaiki Kerusakan Bangunan Pukesmas Sei Durian

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang melakukan Inspeksi mendadak (sidak) ke Pukesmas Sei Durian yang berada di JL. MT Haryono Gg Wiyata II Sintang, Jum’at (11/11/2016).

Sidak dipimpin langsung Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sintang Harjono Bejang, diikuti enam anggota, yakni Hardoyo, Kusnadi, Liyus, Abdul Razak, Julian Sahri dan Romeo.

Komisi B DPRD Sintang Sidak Ke Pukesmas Sei Rurian Sintang
Komisi B DPRD Sintang Sidak Ke Pukesmas Sei Rurian Sintang

Kedatangan wakil rakyat di lokasi Sidak disambut langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harysinto Linoh dan Kepala Pukesmas Sei Durian Konelius Parang Kunci.

Sidak tersebut meneruskan keluhan masyarakat terhadap fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Pukesmas. Dalam kunjungan itu, wakil rakyat Sintang ini menemukan keretakan dan penurunan struktur dibeberapa bagian bangunan Pukesmas, padahal pukesmas ini baru selesai dibangun.

“ini rawan,  harus segera diperbaiki, kalau tidak segera diatasi bangunan ini bisa roboh,” tegas Harjono Bejang

Beberapa Bagian Bangunan Mengalami Keretakan
Beberapa Bagian Bangunan Mengalami Keretakan

Harjono menilai jarak antar tiang yang mencapai 6 meter tidak cukup kuat menahan beban bangunan yang berat, sehingga  menyebabkan penurunan struktur bangunan dan keretakan dibeberapa bagian bangunan. Kendati sudah dibangun, wakil raykat Sintang Komisi B ini meminta Kontraktor terkait segera memperbaiki agar kerusakan bangunan tidak makin parah.

“ini tidak bisa ditunda lagi, secepatnya kontraktor yang bersangkutan perbaiki ini semua,” tegasnya

Harjono juga memastikan satu minggu kedepan pihaknya akan kembali meninjau perkembangan perbaikan bangunan baru pukesmas ini.

“kita akan lihat apakah perbaikan itu sudah dilaksanakan atau belum , kalau belum kita akan mengambil sikap, yang jelas sekarang kita minta kontraktor bersangkutan segera perbaiki bangunan ini, tidak bisa ditunda-tunda,” tegas Bejang.

Komisi B DPRD Sintang Bersama Kepala Pukesmas Kornelius Parang Kunci Memantau Keretakan Bangunan di Salah Satu Ruangan di Pukesmas
Komisi B DPRD Sintang Bersama Kepala Pukesmas Kornelius Parang Kunci Memantau Keretakan Bangunan di Salah Satu Ruangan di Pukesmas

Politisi Golkar ini juga meminta petugas Pukesmas sementara ini, supaya tidak berada di lokasi bangunan yang mengalami  retak parah.

“tempat-tempat yang rawan sementara dikosongi, jangan menumpuk ditengah,   ini untuk keamanan, dan kita atisipasi,” ujarnya.

Komisi B DPRD Sintang saat Sidak di Pukesmas Sei Durian
Komisi B DPRD Sintang saat Sidak di Pukesmas Sei Durian

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh mengungkapkan perbaikan bangunan masih menjadi tanggung jawab kontraktor, prihal tersebut pihaknya sudah melayangkan surat kepada kontraktor  agar segera mengambil tindakan perbaikan.

“kita sudah beritahukan ini, dan kemarin mereka sudah mulai ngukur-ngukur, yang ini masih menjadi tanggung jawab mereka dan kita minta mereka segera ambil tindakan perbaikan,” pungkasnya (mo)

__Terbit pada
11/11/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya