Dugaan Pungli di Polres Sintang Muncul Lagi, Dewan Dorong Kepolisian Segera Tindaklanjuti

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Dugaan pungutan liar (pungli) di Kabupaten Sintang  yang melibatkan istitusi kepolisian kembali mencuat, seperti yang dikatakan Anggota Komisi A Syahroni kepada sejumlah awak media di Kabupaten Sintang. Politisi PKB ini mensinyalir adanya dugaan pungli pada kegiatan distribusi BBM di Kabupaten Sintang.

Syaroni mengungkapkan dirinya telah mendapat informasi dari pihak keluarga dari salah satu tersangka kasus minyak yang ditangani Polres Sintang, yang mana pihak keluarga tersangka mengaku telah menyetorkan sejumlah uang dengan nominal puluhan juta kepada oknum kepolisian polres Sintang.

“itu indikasi pungli, indikasi seperti ini harus ditindaklanjuti secara serius oleh kepolisan Sintang,” ujar Syahroni saat dijumpai sejumlah awak media di DPRD Sintang, Rabu (26/10/2016)

Dikatakan Syahroni, saat ini ada proses hukum yang dijalani tersangka yang beberapa waktu lalu tertangkap karena kedapatan membawa minyak mengunakan drum. Syahroni menyayangkan proses hukum tidak diterapkan kepada badan usaha tempat mendapatkan minyak.

“itu BBM subsiddi, katakanlah keluar dari SPBU yang merupakan badan usaha yang legal, nah orang yang bawa drum ditangkap, sementara SPBU yang mengeluarkan minyak itu tidak diproses,” bebernya.

Hal-hal seperti ini lanjut Syahroni perlu ditidaklanjuti supaya masyarakat memiliki asas keadilan dan kepastian hukum, yang artinya hukum itu berlaku sama bagi siapapun.

“saya selaku ketua komisi A DPRD Sintang yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan  di Kabupaten Sintang, tentunya punya kapasitas untuk mengawasi penegakan dan pelayanan hukum kepada masyarakat di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Sintang AKBP Suharjimantoro kepada sejumlah awak media menyangkal adanya indikasi pungli di Polres Sintang. Kata Kapolres tudingan tersebut harus dibuktikan untuk mengetahui kebenarannya.

“kami juga punya fungsi pengawasan dan  sepegetahuan kami sudah tidak ada lagi seperti itu, ” kata Kapolres.

Kapolres menegaskan bila memang ada anggota kepolisian yang melakukan pungli, masyarakat dapat melaporkan  ke propam Polres Sintang,

“kami memiliki wadah untuk mengusut anggota yang berbuat seperti itu, laporkan dan sertakan buktinya, Sehingga kita bisa usut, siapa, berbuat apa, dimana,  berapa dan untuk kepentingan apa, kalau memang ada saya akan tindak anggota saya itu sesuai dengan ketentuan,” tegas Kapolres

Kapolres juga memastikan pihaknya akan melidungi masyarakat yang melapor terhadap dugaan adanya pungli dijajaran Polres Sintang.

“kalau memang ada tolong laporkan ke kami sertai dengan buktinya, masyarakat yang melapor akan kami lindungi,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
26/10/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya