TNI Laksanakan Gerakan Nasional Tanam Serentak Dan Bhakti Sosial KB-Kes TNI 2016 di Desa Landau Kondah

SEKADAU [ www.mediakapuasraya.com ] – Dalam rangka peningkatan program ketahanan pangan yang bertujuan mensukseskan swasembada pangan , anggota TNI Kodim 1204 Sanggau yang dikoordinir oleh Danramil 15/Sekadau bekerjasama dengan Dinas pertanian melalui PPL pertanian dan kelompok tani, Dinas kesehatan beserta Kantor KB kabupaten Sekadau laksanakan gerakan tanam serentak dengan kelompok tani Pelita jaya yang disertai dengan Bhakti sosial dalam pelayanan kesehatan KB-kes TNI yang dipusatkan di RT Ulu Malas, Dusun Kodah raya, desa landau kodah, kecamatan Sekadau hilir ,Senin (10/10/2016).

tni-bakti-sosial

Selain tanam perdana di landau kodah, juga dilaksanakan tanam perdana dibeberapa tempat berbeda seperti di Dusun Stor, Desa Timpuk dengan luas lokasi 20 ha dengan kelompok tani Beringin Mandiri, Dusun tabai kelompok tani Tabai raya dengan luas 8 ha, dusun semabi Desa semabi dengan kelompok tani Seran Bersatu seluas 20 ha dan kelompok tani Terontong Permai seluas 12 ha, Dusun segori desa Gonis Tekam  seluas 16 ha

Dalam pelaksanaannya, selain tanam serentak dilokasi cetak sawah seluas 13 HA sesuai targetnya. Juga dilaksanakan pengobatan gratis untuk masyarakat setempat oleh Dinas kesehatan dan KB melalui tenaga kesehatan dari Puskesmas Sp.3 desa Timpuk.

Agus Mulyanah Danramil 15/Sekadau dalam paparannya mengatakan selain tugas militer perang, TNI juga berkewajiban melakukan pengamanan VIP dan penanggulangan bencana dan keamanan dari teroris serta membantu percepatan pembangunan program pemerintah agar memicu sebuah kesuksesan.

Sesuai Memorandum Of Understanding ( Mou ) bersama menteri pertanian, TNI akan melakukan pengawasan dan pendampingan dalam kegiatan pertanian yang ada dikalangan masyarakat dan ketahanan pangan penduduk. Salah satunya dalam program Cetak Sawah hingga bantuan bibit dan pupuk supaya sampai dengan tepat sasaran.

Tak lupa Ia juga berterima kasih kepada KBP3A kabupaten Sekadau yang telah memfasilitasi kegiatan pengobatan gratis untuk warga. Ia juga mengajak semua petani untuk mensukeskan program swasembada pangan. “ terimakasih KBP3A, mari bersama kita sukseskan program swasembada pangan dan minimal pangan mandiri “, Ajaknya.

Begitu pula dengan ketua kelompok tani pelita jaya, Kemilius mengatakan Program cetak sawah merupakan program kita bersama. Untuk tanam perdana yang dilaksanakan hari ini terseelenggara atas dukungan dan partisipasi masyarakat. Ia juga merasa bangga dapat dikunjungi serta dapat bertatap muka secara langsung bersama para petani yang ada di desa landau kodah.

“ Bangga sekali bisa dikunjungi, apalagi para TNI bisa bertatap muka secara langsung bersama petani yang ada di RT Ulu melas khususnya “, Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala kantor KBP3A kabupaten Sekadau Elsa setyaningsih menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan antusiasme masyarakat. Dalam keseempatan ini, Dinas kesehatan dan KB bekerjasama dengan TNI gelar pengobatan secara gratis melalui beberapa tenaga medis dari puskesmas Sp.3 Timpuk, diantaranya 1 orang mantri, 3 Bidan dan 2 perawat.

Dikatakannya pula, dari hasil pemeriksaan 55 masyarakat mengeluhkan penyakit kulit, ngilu-ngilu dan tensi darah tinggi serta 2 diantaranya suntik KB jenis 3 bulanan. “ yang berobat 55 orang, rata-rata mengeluhkan penyakit kulit, ngilu-ngilu dan tensi darah tinggi. Ada 2 saja yang suntik KB “, Ujarnya.

Turut Hadir dalam kegiatan, kadus kodah raya, kades Timpuk, BPD landau kodah, perwakilan BPS, Kapolsek Sekadau hilir AKP. Muhadi ,  PPL pertanian desa landau kodah Wandrianus, penjabat kantor camat Sekadau hilir, tokoh masyarakat dan masyarakat landau kodah. ( Herman )

 

 

__Terbit pada
10/10/2016
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya