Bupati Sekadau Lantik 19 Kepala Desa Periode 2016-2020

SEKADAU [ www.mediakapuasraya.com ] – Bupati sekadau Rupinus  SH,  M.Si melantik 19 orang Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2016-2022 hasil pemilihan kepala desa (Pilkades ) secara serentak  pada 3 september 2016 lalu di Kabupaten Sekadau.  Acara pelantikan pengangkatan sumpah ini dilaksanakan  di lantai II kantor Bupati Sekadau, Jum’at (07/10/2016).

Acara pelantikan pemimpin desa ini juga disaksikan langsung wakil Bupati Sekadau, Aloysius,  para petinggi SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama , Camat, BPD masing-masing Desa dan seluruh undangan lainnya yang hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau Rupinus menyampaikan ucapan terimakasih kepada penjabat sementara kades yang telah bekerja dengan baik selama masa tenggang sebelum pemilihan kades yang baru dan seluruh masyarakat atas terlaksananya pilkades serentak dengan aman dan tertib. Pelantikan Kepala Desa terpilih ini hari ini dikataknnya mengacu pada UU nomor 6 tahun 2014, Permendagri nomor 112 tahun 2014 dan Perda nomor 2 tahun 2016 tentang kepala desa dan pemilihan kepala desa secara serentak.

“ini berkat dukungan dan partisipasi kita semua, sehinga kita hari ini dapat melaksanakan pelantikan Kepala Desa terpilih,”Ujarnya.

Selain itu, Ia juga memaparkan terkait Dana Desa dan Anggaran Dana Desa ( DD/ADD ) yang dinilai dengan jumlah yang signifikan dari tahun sebelumnya. Hampir seluruh Desa mendapatkan diatas 1 Milyar, dan yang terendah mencapai Rp. 900-an juta serta yang tertinggi untuk desa Tapang Perodah yang mencapai Rp. 1,7 Milyar.

Dengan tingginya anggaran desa yang ada, diharapkan kepada seluruh desa yang dikabuupaten sekadau untuk dapat mengelola anggaran  sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta untuk dapat dipertanggung jawabkan.

“ itu uang rakyat, sudah semestinya rakyat dapat merasakannya melalui pembangunan yang ada diwilayahnya masing-masing. Jangan sampai disalah gunakan seperti yang terjadi dibeberapa wilayah yang ada dikalimantan barat dan bahkan ada kepala desa yang disuruh mengundurkan diri karena tak dapat mengelola dana desa dengan baik”, Ucapnya.

Setelah dilantik, Ia juga meminta kepada kepala desa yang ada maupun yang baru dilantik untuk meningkatkan konsolidasi internal serta meningkatkan koordinasi lintas instansi. Terkait perangkat desa yang ada, Ia menekankan kembali kepada kepala desa tepilih untuk mengkaji ulang apabila akan dilakukan perombakan dan selalu berkoordinasi serta harus mendapat persetujuan dari camat setempat.

“ tingkatkan koordinasi lintas instansi dan segera melakukan konsolidasi internal. Kaji dulu kalau mau melakukan perombakan dan selalu dengan persetujuan camatnya. Tanggung jawab dan amanah masyarakat hendaknya kita jalankan dengan baik “, Pesannya. ( Herman )

__Terbit pada
08/10/2016
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya