Ketua Harian DAD Sekadau Dukung Edaran Bupati

SEKADAU [www. mediakapuasraya.com ]-Ketua harian Dewan Adat Dayak ( DAD ) kabupaten Sekadau Wilbertus Willy mendukung Surat Edaran Bupati nomor : 364/1142/BPBD-PB/2016 tertanggal 22 september 2016 tentang penanganan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan , lahan dan kebun dikabupaten Sekadau.

Mengingat dalam edaran telah mengakomodir tentang kearifan lokal sesuai dengan budaya masyarakat setempat, serta  juga membatasi masyarakat membakar lahan dalam pola ladang berpindah untuk tidak melebihi 2 hektar demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan

Dalam edarannya, sebelum melakukan pembakaran lahan hendaknya terlebih dahulu dibuat sekat bakar ( peladak ) dan dilakukan dengan asas gotong royong serta tidak boleh dilakukan pada saat curah hujan dibawah normal, kemarau panjang dan iklim kering.

Ia juga berharap kepada instansi terkait untuk turut serta dalam mensosialisasikan dampak kebakaran hutan dikalangan masyarakat. Selain itu hendaknya juga diperhatikan lahan yang dibakar hanya diperuntukkan tanaman varietas lokal seperti padi ladang dan bukan tanaman komoditas seperti sawit, karet dan lain sebagainya.

“ Dalam edaran kan sudah jelas, semua telah diatur sesuai dengan kearifan lokal yang ada dikalangan masyarakat kita “, Ucapnya saat ditemui dikediamannya, Jum’at  (30/09/2016).

Dikatakannya pula, pembakaran lahan yang baik dapat dilaksanakan pada sore hari dan selalu memperhatikan intensitas volume angin yang berhembus supaya tidak terjadi rembetan yang mengakibatkan kebakaran yang lebih luas yang berdampak pada polusi udara yang tidak baik pada kesehatan masyarakat.

“ perhatikan juga intensitas anginnya, kalau kuat jangan dulu dibakar bagi yang belum bakar lahan ladaannya “, Ujarnya. ( Herman )

__Terbit pada
01/10/2016
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya