Ini yang Dikatakan Mantan Kadistankanak Sekadau  Tentang RPH

SEKADAU [www. mediakapuasraya.com]-Keberadaan Rumah Potong Hewan ( RPH ) di Gang Sentapang, Jalan Merdeka Selatan yang tak terurus, masih menyimpan misteri. Hingga sekarang belum diketahui secara pasti siapa pemilik dan kapan bangunan itu dibangun.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan ( Distankanak ) Sekadau yang saat ini menjabat Asisten I Pemkab Sekadau, Drs Adrianto Gondokusumo M.Si mengklaim, bangunan RPH tersebut dibangun tahun 2003 silam.

“Bangunan itu dibangun saat Sekadau masih bergabung dengan Kabupaten Sanggau,” ucap Adrianto, Jum’at (30/09/2016).

Menurut Adrianto, saat Kabupaten Sekadau pisah dari Kabupaten Sanggau, bangunan yang berstatus milik Kecamatan Sekadau Hilir tersebut tidak tercatat dalam penyerahan aset. Akibatnya, keberadaan bangunan tersebut menjadi tidak diketahui.

“Jadi pada prinsipnya, bangunan itu masih berstatus sebagai aset milik pemerintah Kabupaten Sanggau,” Ujar Adrianto.

Kabupaten Sekadau sendiri terbentuk pada tanggal 18 Desember 2003. Jika benar apa yang dikatakan Adrianto tersebut, berarti bangunan itu sudah dibangun dibawah bulan Desember pada tahun yang sama.

Namun soal kepastiannya, memang masih perlu penelusuran lebih mendalam. Sebab dari informasi  dilapangan, bangunan itu dikabarkan dibangun tak lebih dari 10 tahun. “Kalau ndak salah, bangunan itu dibangun waktu Sekadau sudah jadi kabupaten,” ucap salah seorang warga yang menolak identitasnya dipublikasikan.

Sementara dari kondisi fisik bangunan, juga bisa timbul keraguan jika bangunan itu dibangun tahun 2003. Sebab fondasi bangunan masih tampak kokoh, meskipun sudah banyak bagian bangunan yang mengalami kerusakan parah. ( Herman/Hartono )

 

__Terbit pada
01/10/2016
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya