IKKI dan Koperasi Diminta Perluas Agenda Pengentasan Kemiskinan di Sintang


SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah membuka Rapat Anggota Tahunan Nasional (RATNAS) Induk Koperasi Konsumsi Indonesia ke tiga, yang di gelar di Ballroom Hotel My Home Kabupaten Sintang, Rabu (12/7). Pembukaan kegiatan tersebut di tandai dengan pemukulan gong.
Induk Koperasi Konsumsi Indonesia (IKKI) adalah organisasi yang memayungi gerakan koperasi konsumsi (consumer union) yang bergerak di sektor retail di seluruh Indonesia.

Gerakan ini dicetuskan oleh Robby Tulus dan dirintis sejak tahun 2012 dengan ditandai pendirian toko pertamanya di Kalimantan Barat.

Consumer Union ini dikembangkan secara multi stakeholder dengan konsep kepemilikan oleh konsumen, pekerja, dan produsen, dan dikembangkan secara mandiri dan berpijak pada nilai-nilai dan prinsip koperasi.
“perekonomian nasional dipertengahan tahun 2016 ini masih berkutat pada persoalan isu strategis, seperti pertumbuhan ekonomi yang rendah, yang hanya berkisar 4 sampai dengan 5 persen saja, kemudian persoalan krisis pangan,” ungkap Yosepha.

“Isu Krisis pangan ini terlihat dari peningkatan harga pangan yang cukup tajam. Selain itu, saat ini jumlah penduduk miskin terus bertambah, yaitu mencapai 28,5 juta orang atau setara 11,2 persen dari total jumlah penduduk,” terangnya.

Ditambahkannya, isu kesenjangan sosial pun saat ini juga meningkat. Isu tentang Persoalan perekonomian nasional tersebut tentunya berdampak ke semua daerah termasuk di Kabupaten Sintang.

Salah satu contoh dampak yang dirasakan yakni seperti anjloknya harga komoditas karet dan sawit. Hal ini tentu turut menyumbang persoalan pendapatan masyarakat menjadi rendah, yang kemudian berlanjut pada lemahnya daya beli masyarak.

Untuk membantu Pemerintah daerah dalam mengantisipasi persoalan isu stratgesi ikonomi tersebut, Melalui Ranknas IKKI, Sekda Berharap, pihak IKKI dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan jasa keuangan kepada masyarakat, yang menjadi anggotanya.

“Saat ini kita dituntut untuk meningkatkan kualitas yang ada pada diri dan organisasi kita, selain itu juga kepada IKKI dan koperasi lainnya agar terus memperluas agenda pengentasan kemiskinan melalui program padat karya, serta melakukan penguatan kelembagaan petani,”harapnya.

Ketua Induk Koperasi Konsumsi Indonesia (IKKI), Emanuel Fran Supriyanto mengutarakan, Ratnas yang di adakan kali ini di Kabupaten Sintang, dengan pertimbangan, diantaranya, Sintang memiliki pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang begitu pesat, dan maju.

Di jelaskannya pula, Induk Koperasi Konsumsi Indonesia (IKKI) merupakan koperasi yang bergerak secara sosial bukan secara financial. (Humas/mo)

__Terbit pada
13/07/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya