Ribuan Anak dan Remaja Misioner Se-Keuskupan Sintang Ikuti Jambore

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ribuan anak dan remaja dari tiga Kabupaten di timur Kalimantan Barat berkumpul di Komplek Seminari Yohanes Maria Vianney Menyurai Sintang, Kamis (23/06/2016). Mereka mengikuti kegiatan jambore anak dan remaja  Misioner se-Keuskupan Sintang, yang digelar pada 23-26 Juni 2016.

Kegiatan jambore anak dan remaja misioner se-Keuskupan Sintang ini dibuka Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah., M.Si mewakili Bupati Sintang. Pembukaan kegiatan ditandai dengan Pemukulan Gong.

Jambore anak dan Misioner se-Keuskupan Sintang (3)

Bupati Sintang melalui Sekda Sintang, Dra. Yosepha Hasnah,  M.Si mengatakan sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas inisiatif dari keuskupan Sintang yang telah menggelar kegiatan ini.

“dengan Kegiatan jambore ini, kita sedang berupaya melakukan pembinaan iman  agar semakin kokoh untuk menjadi bekal menghindarkan anak dan remaja dari berbagai penyakit modern, seperti penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, kekerasan, ponrografi dan sebagainya,”Ungkap Yosepha Hasnah.

Yosepha menambahkan, Seiring perkembangan jaman, tantangan dalam mendidik, membina dan memberdayakan anak-anak dan remaja semakin sulit dan kompleks. Kemajuan kehidupan sekarang ini, telah melahirkan perubahan sikap dan termasuk adanya berbagai penyimpangan prilaku pada anak-anak dan remaja. Fenomena penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, aksi kekerasan, pornografi dan hal negatiflainnya dikalangan anak dan remaja semakin sering kita lihat dan dengar, sehingga membuat kita semakin prihatin.

“Realitas ini telah menyadarkan kita, bahwa sangat mendesak adanya kepedulian dan aksi nyata kita semua untuk semakin optimal dalam mendidik, membina dan meberdayakan anak dan remaja kita,”ungkapnya.

“Anak dan remaja misioner ini merupakan pewaris masa depan, sehingga menjadi kewajiban kita dalam mendidik dan membina mereka dengan baik dan tepat. Mereka sedang dalam proses mencari jati dirinya, sehingga perlu pendampingan dan pembinaan yang tepat agar mereka dapat tumbuh menjadi sosok yang baik benar dan bermanfaat,”tambahnya.

Dikatakannya, salah satu pendekatan yang  terus kita kembangkan dalam mendidik dan membina anak dan remaja kita adalah melalui pendidikan agama, sebab akan membentuk mereka menjadi orang yang baik, benar, santun, toleran, penyayang pada sesama dan tangguh terhadap sebagai macam godaan.

“agama fokus pada pengajaran tentang sikap, perangai dan tabiat sehingga mereka menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa,”tukanya.

Uskup Agung Pontianak dan Administrator Apostolik Keuskupan Sintang, Mgr. Agustinus Agus, Pr mengungkapkan, kegiatan jambore anak dan remaja misioner ini sebagai wadah untuk mendidik dan membina serta mendekatkan anak dan remaja kepada Tuhan.

“anak-anak dan remaja misioner ini dari 36 Paroki se-keuskupan Sintang. Keuskupan sintang mencangkup tiga kabupaten yakni, Kabupaten Sintang, Melawi dan kapuas hulu. Melalui kegiatan ini kita berharap anak dan remaja menjadi bintang misoner sesuai moto kegiatan jambore kali ini,”tukasnya. (mo)

__Terbit pada
23/06/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya