Askiman Resmikan IPA PDAM di Kecamatan Merakai

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Wakil Bupati Sintang, Askiman meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di kecamatan Nanga Merakai, Selasa (21/06/2016).

Askiman berharap keberadaan IPA PDAM tersebut mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Sekitar.

“Saya juga berharap keberadaan IPA PDAM ini dipelihara secara bersama, untuk itu kelola dengan baik, jaga dengan baik agar IPA ini dapat difungsikan dalam jangka panjang.  jika ada pipa bocor segera sampaikan ke petugas,”imbau Askiman.

Askiman juga mengatakan, Sumber Air PDAM yang menggunakan air bukit juga harus memperhatikan kelestarin lingkugan hutan diwilayah sekitar, “ sehingga debit air untuk kebutuhan air bersih di Nanga Merakai dapat terus tersediakan,”imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk menghadirkan air bersih di setiap Desa, kata Askiman, dirinya sudah meminta, data dan informasi setiap desa khususnya data sumber air, supaya juga bisa dibangun instalasi air bersih.

Direktur PDAM Tirta Dharma, Susanti yang turut hadir dalam peresmian IPA PDAM di kecamatan Merakai menjelaskan, IPA PDAM ini sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2013 yang lalu. Namun pada tahun 2015 kembali dilakukan perbaikan, karena ada peralatan teknis yang belum terpasang.

“Instalasi pengolahan air ini dibangun dari dana APBN, dari Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya, dan Direktorat Pengembangan Air Minum, Pembangunan IPA PDAM tersebut  menelan anggaran sekitar Rp. 8 Miliar,” terngnya

“Sementara produksi air bersih yang di hasilkan berkapasitas 20 liter per detik,  dengan jumlah pelanggan 261 rumah tangga,”tambahnya

Di jelaskannya, keberadaan IPA PDAM, di kecamaan Merakai jika terjadi kemarau panjang tentu juga akan mengalami kendala, karena sumber air yang di ambil dari bukit tentu akan kering.

“sehingga kita ajukan ke Pemerintah Pusat untuk dibangun fasilitas lengkap dan sumber air yang lebih baik,”tukasnya. (Humas/mo)

__Terbit pada
21/06/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya