Kamu Harus Tahu, Ini Sejarah Kota Sintang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sebelum melaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kota Sintang ke 654 Tahun 2016, Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Anggota Forkopimda, Kepala SKPD dan  Sultan Sintang Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V melaksanakan ziarah ke makam raja-raja Sintang. Seperti Sultan Nata Muhammad Syamsudin yang menjadi raja Islam ke-3 dalam sejarah Kesultanan Sintang  serta makam raja Sintan di Sungai Durian, setelah ziarah di Sungai Durian, rombongan bergerak ke Makam Pangeran Kuning (1759-1857) adalah seorang pejuang Kalimantan Barat. Terakhir rombongan ziarah dan tabur bunga ke makam Demong Jubair Irawan 1.

Usai ziarah dan tabur bunga di makam raja-raja, Bupati Sintang dan rombongan juga melepas berbagai jenis makanan untuk upacara memberi makan benua. Makanan tersebut akan dilepas di 7 titik di Sungai Kapuas. Usai melepas berbagai makanan tersebut, Bupati Sintang dan rombongan menuju panggung yang sudah disiapkan untuk membuka seluruh rangkaian kegiatan untuk memperingati hari jadi Kota Sintang.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Lindra Azmar menjelaskan berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari jadi kota sintang dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa bangga dan memiliki warga sintang terhadap daerah.

“Kami ingin peringatan ini mampu menumbuhkan semangat kebinekaan sebagai modal membangun daerah. kami juga akan melaksanakan 22 kegiatan” terang Lindra Azmar.

Sultan Sintang Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V menyatakan keinginnanya untuk bisa menyatukan semua etnis dan kelompok yang ada di Kabupaten Sintang. “kami mohon kepada Pemkab Sintang agar bisa memoles makam raja-raja yang ada sebagai bentuk penghargaan kita kepada jasa mereka, dan supaya kita bisa dengan bangga menunjukan kepada masyarakat luas tentang makam raja-raja tersebut sehingga menarik untuk dikunjungi” pinta Sultan Sintang Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarni menyampaikan  bahwa kota sintang sebagai ibukota kabupaten sintang, merupakan tempat hidup masyarakat yang telah eksis jauh sebelum lahirnya undang-undang nomor 27 tahun 1959 tentang pembentukan daerah tingkat ii di kalimantan.

Peristiwa perpindahan pusat pemerintahan dari kerajaan sepauk ke sintang oleh jubair irawan 1, yang jatuh pada tanggal 10 mei 1362, dijadikan momentum hari lahirnya kota sintang. tanggal 10 mei 1362 tersebut menjadi patokan menentukan umur kota sintang yang sudah sangat tua yaitu 654 tahun. agar memiliki payung hukum yang jelas, kemudian lahirlah peraturan daerah kabupaten sintang nomor 11 tahun 2015 tentang hari jadi kota sintang. perda ini sebagai wujud pengakuan politis dan yuridis negara terhadap keberadaan kota sintang sebagai tempat bermukim, ekspresi budaya dan mengelola urusan sosial di masa lalu.

“hari ini kita membuat sejarah baru, karena untuk pertama kalinya kita memperingati dan merayakan hari jadi kota sintang ke 654. hari jadi kota sintang kita peringati dan rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya sejarah lokal, untuk kemudian terus digali dan dijadikan inspirasi dalam pembangunan daerah. nilai-nilai lokal di masa lalu itu dihimpun, diracik dan dipadukan dengan semangat masa kini, kemudian dijadikan kekuatan berharga dalam memproyeksikan masa depan. artinya, melalui peringatan dan perayaan ini,  kita sedang membangun “jembatan kesadaran” antara masa lalu dan masa depan, sehingga keduanya saling terhubung sebagai suatu jaringan yang utuh” jelas Jarot Winarno.

“kita harus mampu mengisi kota sintang dengan berbagai kearifan budaya lokal yang dipadu inovasi teknologi guna meningkatkan daya saing segala bidang, terutama pada sektor transportasi, sarana publik dan integrasi antar wilayah. oleh karenanya, saya berpesan kepada semua pihak yang telah hidup, berkarya dan meletakan  harapan di kota sintang, mari kita bangun kepedulian terhadap kemajuan kota sintang. tunjukkan komitmen anda semua  dan mari sama-sama kita bangun kota sintang yang lebih menjanjikan di masa depan” tambahnya. (Humas)

Timot Timot

Related posts

Top