Pembangkit Listrik Hancur di Terjang Longsor, Warga Khawatir Longsor Susulan

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Peristiwa tanah longsor di lingkar kaki bukit saran pada Jumat (08/04/2016) Dini hari  mengakibatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di dusun Lebuk Lantang, Desa Riam Batu, Kecematan Tempunak, Kabupaten Sintang Habis tertimbun.

satu

Kepala dusun Lebuk Lantang, Fridayanto mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut, kendati demikian saat ini warga setempat merasa gelisah sebab kemungkian masih berpotensi terjadi longsor susulan yang lebih besar.

“kejadian lonsor sudah terjadi dua kali. Lonsor susulan pada tanggal 9 april pukul 23:00 wib.  Longsor susulan tersebut mengakibat Pembangkit Listrik Tenaga Mikor Hidro yang di bangun  oleh masyarakat mulai dari bendungan 1 buah turbin serta delapan 35 pipa air di  sekitar habis tertimbun,”terangnya.

dua

Pendamping PLTMH Lebuk Lantang, Antonius Antong  mengatakan Akibat Longsor tersebut PLTMH sinar saran merugi hingga ratusan juta rupiah. PLTMH tersebut dibangun secara swadaya dari masyarakat setempat.

“akibat dari tanah longsor tersebut penerangan warga sehari hari yang menggunakan PLTMH sinar saran lumpuh total,”ungkapnya.

Selain PLTMH  sinar saran, lanjut dia longsor juga merusak satu pondok padi warga,“ lonsor juga mengakibatkan jembatan sungai rusa penghubung antar RT  05 dan RT 06 dusun lebuk lantang terputus,”tambahnya.

Antonius berharap pemerintah Kabupaten Sintang dapat memberikan bantuan kepada warga setempat,”kita juga berharap pemerintah Kabupaten Sintang dapat membantu membangun PLTMH di sini, masyarakat sangat membutuhkan penerangan,”pungkasnya.(mo)

tiga

__Terbit pada
14/04/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya