Hari Kartini, Sekda Minta ASN Wanita Gunakan Pakaian Kebaya

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah mengajak aparatur sipil negara khususnya yang wanita di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menggunakan kebaya pada Hari Kartini yang jatuh pada Kamis 21 April 2016 mendatang. Sedangkan untuk ASN yang pria karena Hari Kartini jatuh pada hari Kamis dan pada hari tersebut memang menggunakan pakaian batik daerah, maka yang pria tetap memakai celana kain hitam dan baju batik daerah.

“aparatur sipil negara yang wanita saya dorong untuk menggunakan kebaya sebagai simbol untuk mengenang jasa-jasa pahlawan wanita Indonesia yaitu Raden Ajeng  Kartini. Ia telah  berjasa kepada kaum wanita Indonesia  utamanya dalam hal emansipasi wanita” terang Yosepha Hasnah.

Selain akan menggunakan pakaian kebaya, untuk menyambut Hari Kartini yang ke-137 tahun 2016, Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang juga akan melaksanakan penyuluhan khusus bagi ASN wanita dengan tema Kesehatan Reproduksi Wanita di Balai Praja Kantor Bupati Sintang.

A Kartini merupakan pahlawan perempuan yang lahir 21 April pada tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Berkat perjuangannya kaum wanita yang dulunya tidak boleh sekolah, kemudian mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan seperti halnya kaum pria, berkat perubahan tersebut muncul buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ oleh Mr.J.H Abendanon. Perjuangan RA.Kartini dinilai memberikan dampak yang luar biasa, sehingga kaum wanita berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang tabu lagi. (Humas/nus)

__Terbit pada
13/04/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya