Lanjutkan Pemekaran Kapuas Raya

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Isu Moratorium terhadap Darah Otonomi Baru, tak jadi di berlakukan pemerintah pusat. Dengan begitu, usulan pemekaran Kapuas Raya, pun akan kembali dilanjutkan.

Hal ini di sampaikan anggota DPR RI, Komisi II, Dapil Kalbar, H Sukiman saat menggelar dialog bersama pemerintah kabupaten sintang, beserta tokoh masyarakat, dalam kegiatan resesnya, di. Balai praja, Kantor Bupati Sintang, Selasa (5/4).

“Moratoriaum itu hanya isu, tanggal 29 februari kemarin, saya bertemu dengan medagri, dan dirjen otonomi Daerah, dalam kesempatan itu,  semua sepakat 65 DOB, termasuk kalbar, akan terus di lanjutkan. tidak ada moratorium,”tegasnya.

Di jelaskannya pula, untuk mempersiapkan  wilayah daerah persiapan Provinsi Baru, tentu membutuhkan waktu tiga sampai lima tahun.

“Sekarang kita tengah menyelesaikan PP grand desain otonomi Baru, dalam PP itu, Kalbar masih memungkinkan untuk di mekarkan,”katanya.

Terlepas dari itu, sukiman berharap, semua stake holder yang terkait dalam memperjuangkan pemekaran kabupaten di wilayah kalbar timur tersebut, sangat di perlukan sinergisitas untuk satu tujuan.

“Alangkah baiknya, pak gubenur juga membantu kita dalam mendorong PKR ini,”harapnya.

Selain itu, Lima kabupaten, diantaranya, sanggau, sekadau, melawi, Sintang dan Kapuas hulu, diminta harus kompak,”Kalau kita semua bersatu, menghadap pemerintah pusat, saya berkeyakinan PKR akan segera terwujud,”katanya.

Menanggapi hal tersebut, wakil bupati sintang Askiman mengatakan, lima kabupaten yang akan tergabung dalam PKR, dan melibatkan tokoh masyarakat, akan melakukan konsulidasi untuk mendorong percepatan pemekaran provinsi kapuas raya.

“Tentu dalam  konsulidasi itu,  akan dilakukan evaluasi, dan nantinya akan di temukan apa yang menjadi titik lemah selama ini,”katanya.

Lanjutnya, Setelah itu dilakukan, barulah dilanjutkan untuk berkonsultasi ke propvinsi. Hasil kunsultasi itu nantinya, akan diteruskan untuk menghadap dirjen otonomi daerah.

“Ini tentu dalam menyikapi percepatan PKR,”katanya.

Dia pun meminta, lima kabupaten yang tergabung dalam PKR, agar  terus mensosialisasikan sampai ketingkat desa, mengenai arti penting pemekaran PKR.

“Sasarannya apa? tujuannya apa? supaya masyarakat mengetahui, arti yang sesungguhnya dari pemekaran PKR yang  mendesak dilakukan,”katanya.

Menurutnya, Provinsi Kapuas Raya, ditargetkan akan terbentuk pada tahun 2017 mendatang,”Kita akan mendesak, 2017 PKR segera terlaksana. 2019 target kita, PKR sudah ikut Pileg, dan 2021 sudah mengikuti pilkada, ini target kita,”katanya. (Humas/mo)

__Terbit pada
05/04/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya