Lakukan Pelanggaran, Satu Anggota Polres Sintang di Sidang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Satu Anggota Polisi Resort (Polres) Sintang Beinisial Brigadir. RT menjalani sidang disiplin yang digelar di Aula mapolres Sintang, Rabu, (30/03/2016).

Wakapolres Sintang, Kompol Pulung Wietono mengungkapkan satu anggota Polres Sintang yang menjalani sidang ini telah melakukan pelanggaran disiplin dan dinilai telah mencemarkan nama baik institusi Polri.

“Anggota yang kami sidang disiplin ini telah melanggar Pasal 5 huruf (a) PP RI nomor 02 tahun 2003,”ungkap Waka Polres Sintang usai pelaksanaan sidang disiplin. Rabu (30/03/2016).

Dikataknnya, Anggota Sat Sabara ini (Brigadir RT) sebelumya juga sudah pernah melakukan pelanggaran saat bertugas di Mapolsek Tebelian.

“Usai  dipindahkan ke Mapolres Sintang selama 6 bulan ternyata melakukan pelanggaran lagi berupa Peraturan Disiplin adalah ucapan, tulisan, atau perbuatan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang melanggar peraturan disiplin,”terangnya.

Ditambahkannya Sepanjang tahun 2016, baru satu polisi yang diproses karena melanggar aturan institusi kepolisian dan itupun tunggakan kasus 2015. Dikatannya  anggota yang melakukan pelanggaran tersebut  akan diberi sanksi disiplin berupa sanksi kurungan atau penundaan kenaikan pangkat.

“Untuk anggota yang kita sidang hari ini sanksinya selain penundaan pangkat juga, penempatan dalam tempat khusus,”terangnya.

Seharusnya lanjut dia, sebagai aparat penegak hukum,  polisi harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.Sidang disiplin adalah sidang untuk memeriksa dan memutus perkara pelanggaran disiplin yang dilakukan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kalau mau bersihkan di luar, harus bersihkan yang di dalam dulu. Kita ingin kedepan semua anggota kita bersih dari pelanggaran baik kode etik maupun yang lainya,”tegasnya. (ss/mo)

__Terbit pada
30/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya