Ciptakan Suasana Aman dan Cegah Radikalisme, Kesbangpol Se-Kalbar Gelar Rakor

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Dalam rangka mensinergikan program kegiatan tahun 2016, Kabupaten Sintang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik se-Kalimantan Barat tahun 2016, di Ballroom Hotel My Home yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sintang didampingi oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Sintang, serta Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Sintang, Selasa (29/3)

Wakil Bupati Sintang, Askiman menyatakan bahwa Kesatuan Bangsa dan Politik ini memiliki peran yang sangat penting yang dimana pondasi dalam kehidupan di Negara ini berlandaskan pancasila. “TugasKesbangpol menjadi penengah dan pemersatu bangsa agar masyarakat tidak terpecah belah dalam hal suku agama ras maupun budaya,” tegas Askiman.

Askiman mengatakan,  rapat koordinasi ini tentu untuk membahas berbagai permasalahan dari isu strategis dalam urusan penyelenggaraan bidang kesatuan dan politik untuk menghasilkan rekomendasi kinerja yang akan tersusun rapi dalam program yang telah di susun oleh pemerintah Kabupaten/Kota untuk tahun 2017 nantinya.

“Dinamika demokrasi yang sudah dijalani beberapa waktu lalu diwarnai beberapa permasalahan seperti lemahnya representasi politik, demokrasi yang mengarah kepada kaum elit actor pejuang demokrasi mengambang dan menguatnya suasana politik rakyat. “Maka dari itu semua penguatan pendidikan politik harus dilakukan,” kata dia.

Askiman berharap, terhadap penyelenggaraan kegiatan Rapat Koordinasi ini, kepada seluruh peserta yang hadir dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat untuk dapat mengikuti kegiatan dengan semaksimal mungkin, agar dapat memahami mendalami apa yang menjadikan tugas pokok fungsi dari kesbangpol tersebut. “Mari kita ciptakan suasana Kabupaten/Kota yang aman dari masuknya paham radikalisme,” tuturnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar, Aliuk mengatakan rapat koordinasi ini dilaksanakan secara bergiliran di setiap kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, untuk tahun 2016 ini yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ada di Kabupaten Sintang, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dengan  kesepakatan bersama antar kabupaten.

“Kegiatan rapat koordinasi kesatuan bangsa dan politik ini berguna untuk saling bersinergi antara TNI, POLRI, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama dan seluruh unsure masyarakat agar untuk saling mendukung program kerja yang telah ditetapkan oleh kesbangpol.,” ujarnya.

Menurutnya, tantangan tugas Kesbangpol kedepan akan jauh lebih berat dibandingkan saat ini. Sehingga perlu adanya langkah antisipasi sejak dini untuk menghadapi segala tantangan yang dihadapi.

“Saya minta kepada seluruh Kesbangpol Kabupaten/Kota  tingkatkan kinerja kita, agar dapat bersinergi bersama-sama guna menciptakan suasana aman dan damai. Dalam mengatasi masalah serta haruslah mendeteksi dini apa yang sedang terjadi di masyarakat,”pintanya. (Humas/Mo)

__Terbit pada
29/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya