Pemkab Sintang Akan Perkuat Fungsi BLK

Kualitas SDM Masih Rendah

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Wakil Bupati Sintang, Askiman mengakui Sumber  Daya Manusia (SDM)  di Kabupaten Sintang  masih lemah, kondisi ini dikarenakan orientasi pembangunan SDM masih sangat kecil, padahal pembangunan SDM mengambil perananan penting dalam mendukung berbagai aspek pembangunan.

Menurut Askiman kondisi ini terlihat dari belum difungsikannya Balai Latihan Kerja (BLK)  yang ada di Sintang secara maksaimal untuk mendukung sentral produksi kerakyatan.

“yang paling utama, untuk membangun sumber daya manusia diperukan pendiidkan dan pelatihan, mereka harus memiliki keterampilan, sehingga mereka mampu bekerja bukan hanya  di dalam negeri bahkan diluar negeri,” kata Askiman saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/03/2016)

Banyaknya TKI yang melarikan diri dari Malaysia, diakibatkan mereka tidak memiliki pendidikan dan keterampilan yang memadai untuk bekerja di luar negeri.

“Saat ini banyak TKI tertipu di Malaysia, gaji tidak dibayar, hak-hak kemanusiaan dilanggar karena mereka tidak memiliki daya tawar yang bagus sebagai pekerja profesional di Malaysia, ini akibat SDM kita masih sangat lemah,”tegas Askiman

Kedepan pihaknya akan konsentrasi membangun SDM melalui pembenahan BLK dengan mengfungsikan galeri Tongkang Simon. Disana akan dipusatkan Balai pelatihan Rumah Tangga yang hasilnya dapat langsung dipasarkan di galeri Tongkan Simon.

“Untuk bengkel Otomotif masih tetap menggunakan BLK yang lama,”terangnya

Sementara  dalam mengahadapi MEA, Pemkab Sintang akan mengedepankan potensi daerah sebagai andalan baik pariwisata maupun hasil kerajinan.

“Berkaca dari melemahnya harga karet dan sawit saat ini, maka perlu ada komoditi lain yang dikembangkan masyarakat dengan melihat potensi kecamatan, contohnya di wilayah  perbatasan ketungau hulu potensi lada sangat baik untuk di kembangkan,” Tambahnya.

Masalah permodalan bukan hal yang sulit, karena pemerintah akan membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk memperoleh kredit melalui bank BRI dan Bank Kalbar

“Saya sudah meminta bang Kalbar dan BRI untuk turut membantu masyarakat untuk memperoleh kredit pengembangan usahanya,”pungkasnya. (fix/mo)

__Terbit pada
22/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya