29 Desa Akan Laksanakan Pilkades Serentak 2016

* PPKD Tak Boleh Pungut Biaya Pendaftaran Calon Kades

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sebanyak 29 Desa yang terdiri dari 11 Kecamatan di kabupaten Sintang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara Serentak.

Pelaksanaan pilkades tersebut di rencanakan, tahapannya akan di mulai pada juni 2016 mendatang,”itu perencanaan kita, namun untuk kepapstaianya, kita masih berkoordinasi dengan bupati, karena pilkades ini merupakan agenda daerah,”kata Sekretaris BPMPD, Jabarudin saat di wawancarai di ruang kerjanya, Senin (21/3).

Dia menjelaskan, pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar tersebut, merupakan amanat  UU Nomor 6 tahun 2014 pasal 40. Dimana pilkades secara serentak, akan di lakukan secara 3 Gelombang, dengan interfal waktu  2 tahun per satu gelombang.

“Sehingga, Untuk kabupaten sintang sendiri, pilkades serentak ini akan kita laksanakan, pada tahun,  2016 -2018-2020,”katanya.

Disebutkannya juga, mengenai pendanaan pelaksanaan pilkades serentak yang akan di ikuti oleh 29 desa tersebut, akan dibiayai oleh APBD, dan APBDes.

Dia menambahkan, Setiap Desa di wajibkan untuk menganggarkan pembiayaan dalam pelaksanaan pilkades melalui APBDes, Maksimal Rp.10 Juta.

“Anggaran itu di peruntukan sebagai dana operasional Panitia dalam melaksanakan tahapan pilkades itu nantinya.”Jelasnya.

Sementara untuk pembiayaan percetakan surat suara serta logistik lainnya, akan di bantu melalui APBD. Dengan begitu,  Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tentu tidak di perkenankan lagi untuk memungut biaya pendaftaran dari para calon kades.

“Jadi calon kades yang akan mencalonkan diri, tidak dipungut biaya lagi,”pungkasnya. (adl/mo)

__Terbit pada
22/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya