Pemkab Sintang Akan Berdayakan Mesin Jaman Orde Baru

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Beberapa fasilitas pelatihan tenaga kerja seperti mesin dan perangkat lainnya yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) , jalan Teluk Menyurai Sintang kondisinya sudah tidak terawat.

Wakil Bupati Sintang, Askiman didampingi Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sintang, Florensius Kaha dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, Sudirman Usai meninjau langsung kondisi mesin tersebut mengatakan akan memberdayakan kembali aset Pemkab tersebut.

“alat-alat peninggalan jaman orde baru ini akan kembali kita  berdayakan  untuk pelatihan tenaga kerja dan pelaku usaha, semuanya masih bagus hanya saja kurang pemeliharaan,”Kata Askiman usai peninjauan, Rabu (16/03).

Askiman memaparkan di Balai Latihan Kerja tersebut terdapat delapan jenis pelatihah yang harus digerakan kembali, seperti; otomotif, jahit, pengelasan, bangunan, salon, mebel, listrik,  dan lainnya.

“Selama ini tidak maksimal , ada latihan yang dilakukan namun sangat terbatas, tidak signifikan, hanya pelatihan tertentu saja. Alat yang ada ini juga , kita akan diskusikan bagaimana bentuk pengelolaan yang tepat,  misalnya sentral insudtri kerajinan kita lakukan di kapal bandung, untuk otomotif tetap di BLK, ”terangnya.

Dikatakan Askiman semua unit peralatan yang ada milik pemda harus digerakan semua supaya berjalan dengan baik.  Optimalisasi  tersebut  salah satu dasar untuk mengangkat ekonomi masyarakat.

”konsentrai kita untuk menganggat ekonomi masyarakat kita mulai  pada perangkat SKPD supaya serius pada bidang tugasnya,”tegas Askiman.

Selain itu untuk menyiapkan serapan tenaga kerja lokal untuk perusahaan , Askiman meminta 10 SKPD terkait supaya bersinergi dengan perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada masarakat.

“Ini juga bagian bentuk CSR perusahahan kepada masyarakat,”imbuhnya.

Askiman juga mengungkapkan selama ini serapan tenaga kerja lokal tidak terlanaksana dengan baik dikarenakan kurangnya kualitas SDM yang dimiliki. Untuk itu pelatihan dan pendidikan sangat perlu diberikan ke masyarakat supaya memiliki skil yang dibutuhkan.

“fasilitas itu dapat kita gunakan untuk memberikan pelatihan,  Karena tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan harus memiliki skil,” tandasnya .(mo)

__Terbit pada
16/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya