Disperindag Sintang Siapkan 600 Juta Untuk Pemberdayaan UKM

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, H Sudirman mengatakan, pada bulan April mendatang, Pemerintah Kabupaten Sintang  melalui Disperindagkop dan UKM menyediakan dana bergulir sebesar Rp 600 Juta untuk pemberdayaan UKM di Kabupaten Sintang. Jumlah pinjaman dana tersebut di berikan  mulai dari Rp. 5 juta sampai Rp 50 juta.

“tergantung jenis usahanya, dan untuk mendapatkan dana itu, tentu pelaku usaha harus membuktikan secara nyata bentuk usahanya,”kata Sudirman Rabu (16/03)

Artinya lanjut Sudirman, pemberian dana bergulir perlu dilakukan survey lapangan dan penelitian supaya tepat sasaran.

“ tidak serta merta diberikan begitu saja,”imbuhnya.

Selain Disperindagkop dan UKM Sintang, Lanjut Sudirman lagi, PT Permodalan Nasional Madani  (PNM) Persero saat ini, turut bekonsentrasi  melakukan pemberdayaan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), melalui  pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Sudirman berharap, keberadaan PT PNM dapat memberikan stimulus pinjaman modal usaha kepada pelaku UKM, dengan pelayanan yang mudah.

“Dengan program PNM yang ada dalam melakukan pemberdayaan UKM, tentu kita beharap, dapat membantu  mendorong pemodalan pelaku usaha kita yang ada di sintang ini,”katanya.

Sudirman juga menerangkan, Dalam rangka untuk pemberdayaan pelaku usaha tersebut  pihaknya juga bekerjasama dengan instansi perbankan. Perbankan memiliki produk yang dapat memberikan sarana permodalan kepada pelaku usaha,  seperti Bank Kalbar memiliki satu unit usaha mikro (UUM) yang nantinya di lauching oleh Bupati Sintang.

“kita bekerjasama dengan Penrbangkan yang ada di Sintang ini, tentu itu semua dalam rangka untuk memberdayakan pelaku usaha yang ada di Sintang,”tandasnya. (mo)

__Terbit pada
16/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya