Bupati Himbau Masyarakat Sintang Waspadai Dampak Banjir

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Tingginya curah hujan yang melanda seluruh wilayah Kabupaten Sintang akhir-akhir ini menyebabkan bencana banjir tahunan terjadi merata di wilayah yang selama ini menjadi langganan terkena banjir. Beberapa titik di Kota Sintang pun terkena banjir yang cukup tinggi. Bupati Sintang Jarot Winarno dan Wakil Bupati Sintang Askiman pun sudah meninjau beberapa titik banjir di dalam Kota Sintang pada Senin, 29 Februari 2016 lalu.

Setelah meninjau lokasi banjir dan memperhatikan curah hujan yang masih tinggi akhir-akhir ini di Kabupaten Sintang sehingga menyebabkan  banjir di beberapa daerah, Bupati Sintang menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang, khususnya yang tinggal di daerah yang rawan banjir pinggiran sungai dan pemukiman rawan banjir agar  waspada terhadap kemungkinan terhadinya banjir yang lebih besar dan membahayakan manusia, melarang anak-anak bermain di daerah banjir atau selalu menjaga dan mengawasi anak-anak saat bermain di daerah banjir, mewaspadai jaringan listrik di wilayah banjir yang membahayakan manusia.

“saya ingin masyarakat mewaspadai penyakit yang menyertai musim hujan dan bencana banjir seperti diare,  malaria, dan cikungunya, selalu menjaga kebersihan lingkungan khususnya bersih dari sampah, mengingat banjir merupakan siklus alam yang rutin, maka masyarakat yang akan membangun rumah di daerah rawan banjir agar mulai membangun rumah panggung. Saya minta seluruh masyarakat yang rumahnya sudah terkena banjir untuk memperhatikan himbauan ini dan bekerjasama dengan aparat setempat untuk koordinasi dan pemantauan perkembangan banjir” pinta Jarot Winarno.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, saat ini dari 14 kecamatan yang ada, 6 kecamatan yang sebagian wilayahnya terendam banjir seperti Sintang, Dedai, Tempunak, Sepauk, Ketungau Hilir, dan Kayan Hilir. BPBD juga sudah menyiapkan bantuan makanan instan. (humas)

__Terbit pada
03/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya