Bupati Sambut Baik  Perluasan Sawah di Kabupaten Sintang

Bupati Sintang Buka Sosialiasi Perluasan Sawah di Kabupaten Sintang.

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Bupati Sintang Jarot Winarno, membuka kegiatan sosialisasi perluasan sawah di Kabupaten Sintang, Kamis (3/3). Perluasan Sawah ini adalah Kerjasama antara TNI Kodam XII/TPR dengan Kementrian Pertanian.

Kegiatan yang dilaksakan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang ini  dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Peternakan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang, Kepala Badan Pengelola Perbatasan, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan, serta para TNI yang ada di lingkungan Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan sosialisasi perluasan sawah sangatlah baik  karena dapat mendukung program prioritas pembangunan di daerah Sintang lima tahun kedepan, seperti mewujudkan swasembada pangan padi, jagung dan kedelai.

“ini sangat bagus,dan kita menyambut baik,” imbuhnya

Dikatakan Jarot, perluasan cetak sawah merupakan salah satu langkah tepat untuk mengantisipasi, mengurangi, serta mencegah kebakaran hutan dan lahan, kemudian kerjasama antara kementrian pertanian dengan TNI haruslah menjadi atensi khusus presiden dan panglima,

“cetak sawah juga  berfungsi sebagai jaring pengaman sosial ketahanan pangan, multikultural  dan infrastruktur perekonomian masyarakat,”katanya

Jarot juga megatakan,  salah satu sasaran pembangunan sektor pangan difokuskan untuk meningkatkan swasembada pangan khususnya padi dan palawija secara mandiri.

“ketergantungan masyarakat akan beras masih sangat besar, oleh karena itu produksi padi harus kita tingkatkan, dengan merealisasikan perluasan sawah, memperhatikan beberapa teknis penyediaan lahan, peningkatan pengadaan alat, pengembangan jaringan irigasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen untuk mendukung swasembada pangan.” tambah Jarot.

“kepada peserta sosialisasi diharapkan dapat menyerapkan informasi sebanyak-banyaknya agar memiliki pemahaman yang dapat berperan secara nyata dalam mendukung program perluasan sawah didaerah kita ini.” Harap Jarot.

Kemudian Ketua Panitia Penyelengga, Wiryono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk mewujudkan kekurangan swasembada pangan di bidang persawahan, maka dari itu pemerintah mencanangkan program secara khusus untuk meningkatkan dalam halnya swasembada.

“berdasarkan data tahun 2015 luas lahan sawah yaitu 12.091 hektar dengan jumlah padi 39.900ton, dan luas padi ladang dengan luas 22.986 hektar di produksi sebanyak 24.780ton, dari data tersebut dibuktikan bahwa masih ada kekurangan padi di Kabupaten Sintang sebesar 20ribu ton lebih, maka dari itu dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menambahkan daya kualitas swasembada pangan di bidang pertanian padi.” Ungkap Wiryono. (Humas/mo)

__Terbit pada
03/03/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya