Elemen OKP Sintang Mendesak Pembentukan Kapuas Raya Disahkan

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Menyusul isu pembahasan pemekaran Propinsi Kapuas Raya oleh DPR RI dan Mendagri pada Jumat (05/02). Elemen OKP Sintang sangat menyambut baik dan mendukung, bahkan mereka mendesak Pembentukan Propinsi Kapuas Raya agar segerah disahkan.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sintang, Nur Abid mengatakan pemekaran kapuas raya sangat mendesak guna percepatan pembangunan di lima kabupaten yang tergabgung dalam Kapuas Raya kedepan.

“ini sudah menjadi keseharusan, mengingat pemekaran PKR ini adalah kepentingan masyarakat timur kalbar,” katanya, Jumat (05/02).

Dikatakannya Kalimantan Barat memiliki luas lebih dari gabungan pulau jawa dan bali. dengan aggaran yang terbatas, luas tersebut menjadi kendala dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah timur.

“Contonya dana perimbangan, kalau hanya dibagi lima kabupaten infrastruktur yang dapat dibangun jauh lebih banyak,”imbuhnya.

Untuk itu lanjut dia perjuangan Pemekaran PKR ini harus didukung oleh semua pihak dan ada sinergisitas dan kerjasama yang baik antar lima kabupaten yang tergabung dalam PKR.

“pemerintah kita yang baru ini juga berjanji akan memperjuangkan PKr, tanpa dorongan dari semua elemen tentu akan kesulitan,”tukasnya.

Senada dengan Nur Abid,  Sekretaris KNPI Sintang Supriyadi optimis, jika pemekaran Kapuas Raya dilaksanakan tentu akan cepat mendongkrak percepatan pembangunan.

Menurutnya, sumber pendapatan daerah di lima Kabupaten yang  tergabung di Kapuas Raya seperti Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu sangat besar. Kemudian dana perimbangan yang dikucurkan pemerintah pusat tidak akan terbagi.

“Dan anggaran yang ada itu, tentu dapat difokuskan untuk percepatan pembangunan,”katanya.

Dia menceritakan, perjuangan kapuas raya memang cukup melelahkan, pasalnya gaung pemekaran kapuas raya di dengungkan sejak 2003.

Oleh sebab itu, mengenai wacana pembahasan kapuas raya di DPR RI bersama Mendagri yang di laksanakan hari ini, benar di lakukan,”kita berharap pemerintah pusat segera mengetok palu pemekaran kapuas raya,”katanya.

Sekretaris KNPI itu pun berkomitmen akan terus mengawal pemekaran kapuas raya,”kita akan menyatukan semua OKP di lima kabupaten untuk membahas langkah strategis guna mendorong pemekaran kapuas raya ini,”katanya.

Sementara Ketua Nasyatul Aisyah (NA) Sintang Azizah mengatakan pihaknya turut mendukung dan berkiprah agar PKR segera diketuk palu oleh DPR RI. Dia menyakini pemekaran PKR dapat meminialisir berbagai persoalan yang ada di Timur Kalbar.

“dengan adanya propinsi baru di timur kalbar, kita yakin lima kabupaten yang tergabung, akan cepat berkembang dan persoalan masyarakat dapat diatasi,”tukasnya (mo)

__Terbit pada
05/02/2016
__Kategori
Nasional, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya