Pihak RSUD Sintang Bantah Buang Sampah Medis Sembarangan

SINTANG [www.mediakapuasraya.com)-Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang membantah telah membuang sampah medis sembarangan. Sebaliknya Pihak RSUD merasa sudah memenuhi standar pelayanan pengelolaan sampah medis sesuai aturan.

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, dr Rosa Trifina mengklaim sampah medis yang dikeluhkan warga beberapa waktu lalu bukanlah sampah medis milik RSUD Ade M Djoen Sintang. Rosa menegaskan pihaknya tak pernah membuang sampah medis di tempat sampah karna untuk sampah medis telah disiapkan tempat sampah tersendiri

“kita tidak pernah membuang sampah medis ketempat sampah, sampah medis kita bakar menggunakan incenerator,” tegasnya. Selasa (27/01/2016)

Rosa mengaku pihak rumah sakit sempat kehabisan kantong sampah berwarna hitam sehingga sampah medis ditampung menggunakan kantong sampah berwarna kuning.

“namun sampah tersebut  sudah dicek oleh petugas kita. Sampah dari rumah sakit selalu dipilah sebelum dikeluarkan, untuk sampah medis kita bakar ditempat pembakaran yang ada di RS ini dan pembakarannya kita lakukan diatas jam dua siang, setelah pegawai pulang kerja,”tegasnya

Terkait isu ditemukannya sampah medis dibeberapa pembuangan sampah yang umum bahkan ditemukan di sungai, dr Rosa Trifina memastikan sampah medis tersebut bukan dari RSUD Ade M Djoen Sintang.

“itu bukan sampah medis dari RSUD, ada banyak tempat praktek di Sintang yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit, kita tak tahu mereka membuang sampahnya dimana,”punkasnya. (mo)

__Terbit pada
27/01/2016
__Kategori
Nasional, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya