54 Desa Pemekaran Belum Miliki Kode Wilayah

SINTANG-[www.mediakapuasraya.com]- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sintang Hotler Panjaitan  mengungkapkan , hingga saat ini masih terdapat 54 desa pemekaran yang belum memiliki kode wilayah. Permasalahan kode wilayah yang belum di kantongi tersebut dikarenakan, adanya kendala administrasi yang belum terpenuhi seperti pembuatan peta wilayah.

Dijelaskannya, waktu pemekaran desa, didapati peta yang telah di buat berukuran 1 berbanding 25. Ribu, hal tersebut tidak sesuai dengan aturan, dimana peta desa pemekaran mestinya berukuran  1 berbanding 50 ribu.

“Untuk membuat peta berukuran sesuai aturan tersebut, perangkat kita yang ada di sini, tak memadai. Kertas kita yang ada hanya ukuran A3. Sementara ukuran itu tidak cukup. Desa yang memiliki wilayah yang luas, seperti di ambalau  harus menggunakan baleho,”katanya belum lama ini.

kendala lain terkait dengan persoalan kode wilayah tersebut, hasil dari klarifikasi provinsi, memang masih terdapat persyaratan mengenai rincian jumlah penduduk dari desa pemekaran dengan desa induk. (mo).

__Terbit pada
25/01/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya