Meriahnya Natal Anak-Anak Se Paroki Katedral Sintang

SINTANG [mediakapuasraya.com]-Ratusan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK) dan siswa kelas 1-6 SD se Paroki Kristus Raja Katedral Sintang mengikuti Perayaan Natal Anak-anak pada Minggu, 10 Januari 2016 di Kompleks Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Teluk Menyurai.  Anak-anak yang berasal dari 12 lingkungan dan 2 stasi se Paroki Kristus Raja Katedral Sintang tersebut diwajibkan membawa kado bingkisan natal dengan nilai paling tinggi 25 ribu untuk  ditukar dengan teman lainnya.

Perayaan Natal Anak-anak diawali dengan misa yang dilaksanakan di Kapel seminari dan dipimpin oleh Rektor Seminari St. Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang, Romo Frensius Suprijadi CM. Usai misa, anak-anak mengikuti berbagai rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh panitia dari Orang Muda Katolik (OMK) seperti lomba mewarnai, menyanyi bersama, makan siang, pembagian doorprize, dan tukaran kado.

Pada acara puncak yakni tukaran kado, panitia membuat cara yang meriah yakni seluruh anak-anak berbaris membentuk sebuah lingkaran besar, yang mana setiap anak memegang kadonya masing-masing. Saat lagu “Feliz Navidad” mulai diputar, anak-anak mulai  memberikan kadonya kepada teman di samping kanannya. Keriuhan pun terasa, ketika lagu dihentikan karena ada anak yang dalam keadaan tidak memegang kado dan ada anak yang memegang dua sampai tiga kado. Anggota Orang Muda Katolik yang merupakan panitia pelaksana pun langsung mengambil kado tersebut kepada anak yang belum memegang kado.

Lagu pun dihidupkan kembali, kado-kado aneka ukuran kembali bergerak dari tangan ke tangan. Tiga kali putaran kado dilaksanakan, hingga akhirnya kado yang dipegang masing-masing anak tersebut merupakan kado yang berhak dibawa pulang.  Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba mewarnai untuk tingkat PAUD, TK dan SD Kelas 1. Tingkat SD kelas 2 dan 3 serta tingkat SD kelas 4-6.

Ketua panitia pelaksana, Pietro mengatakan natal bersama anak-anak ini adalah agenda rutin tahunan, Tujuan dari kegiatan ini lanjut pitro untuk mendekatkan lagi anak-anak kepada Tuhan, menambah iman dan mengasah keterampilan mereka.

“Selain itu kegiatan ini juga mewadahi anak-anak untuk berkumpul bersama, bersuka cita bersama, bermain bersama, mendapat teman baru karena ini gabungan dari berbagai sekolah dan tingkatan.” Tambahanya

Pitro juga memaparkan dalam kegiatan natal bersama ini pihaknya menyediakan lomba mewarnai untuk semua peserta.

“Jadi kegiatan ini juga mewadahi anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas mereka,” jelasnya

Tak lupa pula lanjut Pitro saya mewakili teman-teman OMK rekan panitia menyampaikan terima kasih yang setulus iklas kepada adek-adek peserta yang telah berpartisipasi dan semua pihak yang telah mendukung dan turut serta mensukseskan acara ini.
“Kegiatan ini berjalan dengan sukses, aman tertib dan lancar,” tukasnya.

Virginius Prayoga salah satu peserta Natal Anak yang sekolah di SDN 01 Sintang menyampaikan rasa senangnya karena bisa mengikuti perayaan natal anak-anak. “saya senang bisa ikut natal anak-anak ini. Karena bisa bertemu dengan kawan-kawan dan ada acara tukar kadonya” terang Virginius Prayoga. (mo)

__Terbit pada
12/01/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya