Akim Gelar Coffee Morning Dengan Kepala SKPD

SINTANG [mediakapuasraya.com]-Mengawali Tahun 2016 ini, Penjabat Bupati Sintang Dr. Alexius Akim, MM mengumpulkan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Balai Ruai Kompleks Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang pada Rabu, 6 Januari 2016 dalam sebuah acara Coffee Morning.

Alexius Akim yang didampingi oleh Sekda Sintang Yosepha Hasnah dalam arahanya kepada Kepala SKPD menyampaikan gambaran tantangan tahun 2016 seperti fenomena pelambatan ekonomi yang diprediksi masih terjadi sehingga berbagai eksesnya perlu untuk diantisipasi dengan cepat dan tepat. “Pemberlakuan Masyarat Ekonomi Asean (MEA) menuntut peningkatan kualitas (mutu) dan kesiapan bersiang dalam segala hal termasuk di birokrasi Pemda. Selain itu, hasil Pilkada 2015 yaitu paket kepemimpinan daerah yang baru akan segera dilantik sehingga perlu ditopang sistem birokrasi Pemda siap bekerja untuk membangun daerah. Perwujudan tata kelola pemeirntahan yang baik di daerah menjadi harapan masyarakat serta percepatan realisasi APBD untuk menstimulus geliat ekonomi daerah. Itu beberapa tantangan yang harus dijawab oleh aparatur Pemerintah Kabupaten Sintang” terang Alexius Akim.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda menyampaikan Jadwal/Agenda Tahunan Pemda Sintang 2016 yang berisi jadwal perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pemerintahan sepanjang Tahun 2016. Diawal Tahun 2016 ini misalnya salah satu agenda yang harus dilaksanakan adalah mengeluarkan SK Pengguna Anggaran di setiap SKPD, penyusunan anggaran kas, penyusunan laporan keuangan Pemda Sintang Tahun 2015 dan mengeluarkan SK PPK dan PPTK.

“jadwal tahunan ini harus dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan program dan kegiatan SKPD untuk pencapaian tujuan pemerintah daerah.

Sebagai alat perkiraan (Forecasting) terhadap hal–hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui sehingga potensi ketidakpastian dapat dibatasi sedikit mungkin. Sebagai upaya memilih cara yang terbaik  (The best combination) dalam mempersipakan kegiatan yang akan dilakukan. Sebagai skala prioritas yaitu memutuskan urutan dari segi pentingnya suatu tujuan, sasaran maupun kegiatan. Sebagai alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan” tambah Alexius Akim.

“saya minta seluruh Kepala SKPD agar mempedomani agenda tahunan 2016 dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD. segera mem-break down agenda tahunan 2016  di sesuai kebutuhan masing-masing SKPD.  Memperkuat fungsi koordinasi dan singkronisasi antar SKPD dalam pelaksanaan agenda tahunan 2016 dan melakukan pemantauan dan pengendalian agenda tahunan 2016  di masing-masing SKPD” tambah Alexius Akim. (Humas Setda Sintang)

__Terbit pada
06/01/2016
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya