Jelang Natal, Stok Gula dan Telur Langka

SINTANG-KALBAR (MKR):  Menjelang perayaan natal dan tahun baru, stok gula dan telur di kabupaten Sintang mengalami kekurangan. Hal itu disampaikan oleh kepala dinas Perindustrian, perdagangan, Koperasi dan UKM Sintang H Sudirman, saat di temui usai melakukan Inspeksi Mendadak di sejumlah pasar, Senin (21/12).

“Hasil peninjuan yang kita lihat langsung di Gudang dan minimarket, memang  Stok Gula dan telur berkurang, hal itu disebabkan, oleh sulitnya pendistribusian, di musim penghujan ini,”katanya.

Diapun meminta, kepada para agen untuk dapat segera memenuhi kekurangan stok telur dan gula, mengingat sebentar lagi umat kristiani di Sintang akan merayakan natal.

Dalam sidak tersebut, pihak Disperindagkop juga memantau  sejumlah pusat perbelanjaan guna  memastikan tidak ada barang kadaluarsa yang di jual di pasar Sintang.

Ditemui secara terpisah, satu diantara Pemilik Gudang Sembako, Lukas membenarkan atas kekurangan stok gula dan telur. Menurutnya, hat tersebut dikarenakan  sulitnya transportasi pendistribusian.

Namun, kata lukas, di luar gula, dan telur, untuk stok sembako lainnya, seperti bawang merah-bawang putih, daging ayam, dan daging sapi, semuanya masih aman.

Menurutnya, untuk perayaan natal di tahun ini, daya beli masyarakat di Sintang  mengalami penurunan  di bandingkan natal tahun lalu.

Lukas menilai, Kondisi tersebut dipengaruhi oleh melemahnya  harga komoditi sawit dan karet yang selama ini menjadi urat nadi perekonominan masyarakat.

“Harga Sawit dan karet memang  merosot tajam, saya kira inilah yang membuat menurunnya daya beli masyarakat pada natal tahun ini,”pungkasnya (Humas/mo).

__Terbit pada
21/12/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya