BPBD Sintang Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir

SINTANG-KALBAR (MKR): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Menetapkan status siaga darurat bencana banjir, menyusul tingginya curah hujan yang terjadi pada bulan Desember ini.

“Status siaga darurat bencana banjir ini sudah kita tetapkan sejak sepekan yang lalu, berdasarkan surat keputusan bupati,”kata kepala BPBD Sintang, Simon Patanduk, Kamis (17/12).

Simon Mengatakan, Berkaca dari pengalaman di tahun-tahun yang lalu, kecamatan yang berpotensi rawan banjir yakni terdiri dari, kecamatan kayan, jalur ketungau, binjai, sintang, tempunak dan sepaok.

“Antisipasinya untuk saat ini kita sudah mendirikan posko dikayan hulu, dan di makong. dan kita kontek terus petugas kita di posko itu, untuk memantau kondisi yang terjadi setiap saat,”katanya.

Dia menjelaskan, untuk penanganan korban banjir, tentu akan dilihat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, apabila banjir sudah masuk ke daerah pemukiman, tentu petugas akan turun.

“Jika memang keadaan banjirnya besar tentu, kita akan bekerja sama dengan TNI untuk melakukan evakuasi,”katanya.

Tapi jika kondisinya tidak begitu parah, namun mayasrakat suluit mendapatkan stok makanan, maka BPBD akan Mendistrribusikan logistik makanan, kedarah yang membutuhkan tersebut.

“Kita drop stok makanan, Seperti beras, mi instan, dan selimut, ini sudah kita siapkan,”katanya.

Simon mengatakan, Kalau melihat dari prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sintang, Potensi curah hujan tinggi akan berlangsung pada Desember hingga Januari. (Mo)

__Terbit pada
17/12/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya