Natal dan Tahun Baru, Pemkab Sintang Minta PLN Tak Padamkan Listrik

SINTANG-KALBAR, (MKR):  Pemerintah Kabupaten Sintang kembali mengingatkan kepada PT. PLN Persero untuk mengeluarkan surat pemberitahuan kepada seluruh masyarakat sintang jika terjadi pemadaman bergilir. Apalagi, memasuki perayaan natal dan tahun baru mendatang.

” Kita harapkan H-1 perayaan natal kondisi listrik di Sintang tidak mengalami byarpet. Karena kita inginkan umat kristiani dapat menjalankan ibadah dengan baik,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang, Drs. Lindra Azmar, Selasa (15/12).

Jika pun terjadi pemadaman, Lindra Azmar meminta agar pihak PLN membuat surat pemberitahuan yang ditembuskan hingga ke Camat, Kepala Desa dan Lurah. Sehingga, kondisi listrik dapat diketahui oleh masyarakat secara luas.

Menurutnya, harapan besar masyarakat sintang pada perayaan natal dan tahun baru nanti, kondisi listrik dapat dipastikan aman dan tidak terjadi pemadaman. Sebab, banyak kegiatan -kegiatan yang akan dilakukan masyarakat.

Terpisah, Manager PLN Rayon Sintang, Andi menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa menjamin Sintang bebas byarpet saat perayaan natal dan tahun baru. Sebab, hingga saat ini kondisi listrik di Sintang mengalami kekurangan 5 mega watt atau setara dengan 5000 KW.

Meskipun demikian, pihaknya tetap akan berupaya untuk menutupi kekurangan itu. Dimana, saat ini Sintang sudah mendapat pasokan daya dari PLN Sekadau sebesar 2000 KW sehingga kita masih kekurangan 3 Mega.  “Sekarang sudah jarang padam. Tetapi kekurangan daya masih ada,” tuturnya.

Dikatakanya, bahwa pemadaman yang tidak terduga yang kami tidak mampu antisipasi seperti hujan petir dan kayu tumbang. “Faktor cuaca yang tidak bisa kita antisipasi,” ungkapnya.

Sementara, untuk kebutuhan BBM, pihaknya mengeluarkan sekitar 150 ton perhari. Namun, Andi memastikan stok BBM aman sampai hari H Peryaan Natal hingga Tahun Baru.

“ke depannya PT PLN akan menerima pasokan listrik dari Malaysia sebesar 200 Mega. Dan proses itu pun akan segera dipercepat, sehingga segala kekurangan daya yang terjadi saat ini dapat tertutupi. Dan, Sintang tidak mengalami pemadaman bergilir,”katanya. (mo)

__Terbit pada
16/12/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya