KPU Sintang Musnahkan 357 Surat Suara

SINTANG-KALBAR, (MKR):  Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Sintang memusnahkan sedikitnya 357 surat suara yang rusak dan kelebihan. Pemusnahan surat suara dilakukan dengan cara dibakar.

“Dari hasil penyortiran, kita temukan sebanyak 204 surat suara yang rusak di tambah 153 surat suara yang lebih dari surat suara yang diperuntukan untuk Pilkada Sintang,” kata Ketua KPU Sintang, Supranto Aji,  Rabu (2/11).

Dijelaskan Ketua KPU Sintang, bahwa surat suara yang rusak dari hasil sortiran ditemukan ada yang kertasnya tembus hingga ke belakang, cetakan mengkerut dan ada juga surat suara yang bagian belakangnya tidak tercetak.

“Kertas surat suara yang rusak telah diganti, dan siap untuk didistribusikan. Sedangkan pemusnahan surat suara yang dilakukan saat ini supaya surat suara tidak disalah gunakan,”ungkapnya.

Menurutnya, untuk total keseluruhan surat suara yang diperuntukan Pilkada Sintang sebanyak, 306.908 surat suara. “Ligistik lainya seperti, tinta, bantalan tinta, sudah siap di distribusikan kesemua kecamatan yang ada di sintang,” tuturnya.

Sampai tanggal 2 Desember 2015 ini, kata Aji, pihaknya baru mendistribusikan logistic ke tiga kecamatan yakni, Serawai, Ambalau dan Kayan Hulu.  Serawai belum sampai karena menggunakan motor air. Untuk Kayan Hulu sudah sampai logistic kita,” paparnya..

Sementara, untuk pengiriman logistic di Kecamatan Ketungau Tengah, Hilir, Hulu Sepauk dan Tempunak akan  dikirim pada tanggal 3 Desember. Tanggal 5 Desember khusus untuk Kecamatan Binjai, Sungai Tebelian, Kelam dan Dedai.

“Kita optimis pengiriman sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sampai hari ini belum ada kendala yang dialami dalam proses pengiriman,” ungkapnya.

Usai pemusnahan surat suara yang rusak dengan cara dibakar, dilanjutkan penandatanganan berita acara pemusnahan oleh Ketua KPU Sintang, Kabag Ops Polres Sintang dan Ketua Panwaslu Sintang. (*)

__Terbit pada
02/12/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya