Tingkatkan Peran Serta Poskamling Guna Menjaga Kamtibmas

SINTANG-KALBAR, (MKR):  Polres Sintang terus mendorong  Sistem Keamanan Keliling (Siskamling), dalam menjaga ketertiban dan kamanan masyarakat, terlebih menjelang Pemilukada, 2015. Ini terungkap saat apel besar, melibatkan personil Poskamling beberapa desa, di Sintang Kota, Senin (16/11) pagi.

Kapolres AKBP Mahyudi Nazriansyah, meminta masyarakat dalam wadah postkamling, untuk proaktif mencegah setiap potensi kejahatan atau pun riak-riak konfllik yang dapat menimbulkan kegaduhan jelang Pilkada.

“Maka laporkan kepada kita, apabila ada emberio-embrio, atau konflik yang dapat meresahkan. Sehingga dapat langsung kita tangani,” Kata Kapolres disela Apel Besar Poskamling di Mapolres Sintang, Senin (16/11)

Kapolres menngungkapkan dalam upacara tersebut, juga dirangkaikan dengan kegiatan Focus Grup Dicusion (FGD).

“Jadi mereka kita berikan kesempatan untuk bertanya apa yang mereka tidak pahami,” ungkapnya.

Dia menjelaskan tentu, Poskamling memiliki keterbatasan wewenang. Memang mereka menjadi garda terdepan, dalam pemantauan keamanan dilingkunganya masing-masing, dan didampingi Bhabinkamtibmas.

“Jadi kita harapkan, Poskamling ini diaktifkan diseluruh wilayah Sintang,” ungkapnya.

Kapolres  menyadari, Poskamling memang mulai memudar ditengah masyarakat. Kendati demikian saat ini mulai, harus digalakan kembali.Adanya poskamling diharapkan, masyarakat dapat melindungi diri sendiri.

“Tidak mesti kita bangga, kalau menangkap penjahat. Tapi banggalah kalau tidak ada kejahatan ditempat kita,” ungkapnya.

Dia menegaskan bilamana ada oknum yang mencoba membuat kegaduhan ditengah masysarakat akan ditindak tegas sesuai standar prosedur penindakan.

“Apabila sampai mengancam keselamatan Polisi dan masyarakat, tentu akan kita lakukan penindakan tegas,”pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
16/11/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya