Musim Hujan, Waspada Penyakit DBD

SINTANG-KALBAR, (MKR): Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang dr Rosa Trifina mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap serangan Nyamuk Aedes Aegypty yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), pasalnya daerah trospis saat ini sendang musim penghujan.

“DBD merupakan salah satu penyakit tropis saat musim penghujan yang di disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypty. Nyamuk tersebut berkembang biak dengan media air,” terangnya

Dia mengatakan selama dua pekan terakhir sudah lima kasus DBD yang ditangani pihak RSUD Ade M Djoen Sintang.

“penderita DBD semuanya anak-anak,” katanya baru-baru ini.

Guna mencegah timbulnya penyakit DBD, Rosa mengajak masyarakat agar rajin membersihkan lingkungan dan lebih jeli melihat lokasi yang bisa dijadikan sarang nyamuk.

” Masyarakat harus rajin membersihkan tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti menguras bak mandi, menutup rapat  genangan air di kaleng atau wadah-wadah yang terbuka, serta  menimbun barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah ” ajaknya.

Rosa juga mengatakan penyakit DBD merupakan penyakit tropis  yang cukup berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian bagi si penderita.untuk itu harus benar-benar kita waspadai,”ajaknya lagi (mo)

__Terbit pada
16/11/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya