Inspektorat Sintang Perlu Tambahan Auditor

SINTANG-KALBAR, (MKR):  Inspektur Kabupaten  Sintang Apolonaris Biong mengatakan  Inspektorat Kabupaten Sintang memerlukan tambahan Auditor, pasalnya, jumlah auditor yang ada tidak berimbang dengan banyaknya objek pemeriksaan  (obrik) yang menjadi sasaran pengawasan.

“di sini hanya ada 45 auditor, sementara yang menjadi sasaran pengawasan  mencapai  1006 obrik,” Ujar Inspektur Kabupaten  Sintang Apolonaris Biong saat dijumpai diruang kerjanya, jumat, (13/11)

Kondisi tidak berimbang tersebut menurut biong, mengakibatnya pengawasan  terhadap  obrik  yang banyak, belum mampu maksimal.

“dengan kekuatan hanya 45, pengawasan tidak dapat menyeluruh secara keseluruhan,” katanya

Dia menambahkan, dengan kekuatan 45 Auditor, dalam sistem pembinaan terhadap obrik yang banyak, memerlukan waktu sedikitnya 7 tahun  untuk dapat menemukan obrik pada pemeriksaan pertama.

“untuk itu kedepan kita memerlukan penambahan Auditor dan penunjang lainnya,” terangnya.

Dia juga mengatakan tugas inspektorat  bukan hanya yang reguler, ada juga pemeriksaan kasus dan pemeriksaan  khusus. Pemeriksaaan kasus adalah pemeriksaan yang merespon laporan dari masyarakat.

“Sementara pemeriksaan khusus berati  ada tujuan tertentu, khusus berarti ada sesuatu yang perlu dianalisa,”terangnya (mo)

__Terbit pada
13/11/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya