Akim Minta Semua Pihak Sukseskan Pilkada Sintang

SINTANG-KALBAR, (MKR): Salah satu tugas yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Penjabat Bupati Sintang adalah mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala dan wakil kepala daerah pada 9 Desember 2015 nanti. Penjabat Bupati Sintang Drs. Alexius Akim, MM mengaku siap mensukseskan Pilkada Kabupaten Sintang tersebut. “dengan syarat semua pihak ikut membantu dan mendukung pelaksanaan Pilkada yang lancar, aman dan damai” tegas Alexius Akim saat memimpin rapat koordinasi persiapan Pilkada di Ruang Kerja Bupati Sintang pada Jumat, 18 September 2015.

“kita harus mendukung KPUD untuk mensukseskan Pilkada. laksanakan tugas sesuai koridor yang ada. data potensi konflik dan buat langkah antisipasi. Desk Pilkada, Radio SSB, ronda malam, dan Kominda  diaktifkan kembali dan bekerja. Himbauan kepada masyarakat untuk mensukseskan pilkada, menjaga keamanan dan menggunakan hak pilih kita lakukan di masjid dan gereja di seluruh Kabupaten Sintang” pinta Alexius Akim.

Syarif Muhammad Taufik Kadisducapil Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Sintang per 31 Juni 2015 adalah 399. 433 jiwa. Anggota KPUD Sintang  A.V Tian menjelaskan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Pilpres 2014  sejumlah 288.908 telah terjadi peningkatan menjadi 316.926 pemilih atau bertambah 28.018 pemilih. “saya minta masyarakat aktif mengecek keluarganya apakah sudah masuk DPS atau belum. karena tanggal 2 Oktober 2015 nanti, DPS ini akan kami tetapkan menjadi DPT.

Hermanus Sekretaris KPUD Sintang menjelaskan bahwa Alat Peraga Kampanye sudah dicetak dan sudah didistribusikan sekitar 20%.  Pangki Kepala Sekretariat Panwas Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa Bawaslu Propinsi Kalbar sudah menonaktifkan tiga anggota Panwas Kabupaten Sintang dan mengambil alih tugas mereka. “saat ini dana hibah sudah cair dan siap diberikan kepada panwas di kecamatan dan desa” terang Pangki. Sementara TK Felipus Bendahara Panwas menjelaskan gaji dan dana operasional untuk 3 orang panwas di kecamatan, 1 orang disetiap desa dan 1 orang di setiap TPS sudah siap didistribusikan.

Kasdim 1205 Sintang Mayor Infanteri Syafendi menyampaikan meskipun sintang aman, tetapi TNI Polri selalu waspada dan siaga. “TNI Polri sangat kompak dan siap mengamankan Pilkada. Langkah yang sudah dan akan dilaksanakan juga sudah disusun. seluruh kesatuan sudah diperintahkan untuk ikut mensukseskan. kita selalu Deni Ceni yang artinya Deteksi Dini Cegah Dini” tegas Mayor Infanteri Syafendi.

“rapat koordinasi lintas instansi ini hanya awal mula saja, selanjutnya kita akan sering bertemu menyatukan persepsi, apalagi kemudian ditemukan masalah dilapangan, maka kita akan semakin sering bertemu membahas langkah penyelesaian dan kemudian kita beraksi dilapangan. semua pihak jangan pernah bosan berkomunikasi, berkoordinasi dan berkonsultasi” tegas Akim saat menutup rapat. (Rilis Humas)

__Terbit pada
19/09/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya