Pemkab Sintang Targetkan 20 Pukesmas Dijadikan Pukesmas Rawat Inap

SINTANG-KALBAR, (MKR):Pemerintah Kabupaten Sintang menargetkan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang akan ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh baru-baru ini.

“Puskesmas di Sintang ada 20.  Rencananya 20 puskesmas tersebut akan menjadi puskesmas rawat inap,” katanya beru-baru ini

Saat  ini kata dia baru enam puskesmas yang statusnya rawat inap. Puskesmas tersebut masing-masing Puskesmas Serawai, Puskesmas Merakai, Puskesmas Nanga Mau, Puskesmas Senaning, Puskesmas Tebidah, Puskesmas Sepauk.

Sementara untuk tiga Puskesmas masing-masing Puskemas Mensiku, Puskesmas Pandan dan PuskesmasKetungau Hilir juga sedang dipersiapkan menjadi puskesmas rawat inap.

“Dengan ditingkatnya sejumlah puskesmas menjadi puskesmas rawat inap diharapkan dapat mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Sinto.

Sementara untuk tenaga kesehatan sendiri kata dia tidak ada masalah. Masing-masing puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang telah memiliki dokter. Bahkan hampir semua puskesmas memiliki dua dokter.

“semua puskemas sudah punya dokter. Bahkan sejumlah puskemas memiliki dua dokter,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang ini menilai, perubahan status Puskesmas menjadi Puskemas rawat inap dinilai mendesak.  Pasalnya jarak antara satu daerah dengan daerah lain sangat berjauhan.

“Jika sudah ada puskesmas rawat inap masyarakat yang bisa segera ditangani dipuskemas rawap inap,” imbuhnya.(mo)

__Terbit pada
16/09/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya