KPU Batasi Tiga Akun Resmi Media Sosial Untuk Kampanye

SINTANG-KALBAR, (MKR): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang meminta kepada pasangan calon bupati dan  wakil bupati Sintang untuk segera  mendaftarkan maksimal tiga akun resmi media sosial (medsos) yang mereka manfaatkan untuk kepentingan kampanye. Ketua KPU Sintang Supranto Aji mengatakan Penetapan tiga akun media sosial pasangan calon berdasarkan rapat konsolidasi dengan KPU Pusat.

“Sesuai PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) nomor 15 tahun 2015 masing-masing tim kampanye harus mendaftarkan akun resmi ke KPU setempat maksimal tiga akun, apakah itu bentuknya facebook atau twitter,  KPU Pusat membatasi maksimal tiga akun medsos,” terang Supranto Aji baru-baru ini.

Menurutnya, PKPU tersebut tidak hanya berlaku bagi tim khusus pemenangan, melainkan juga berlaku bagi para sukarelawan. “Para relawan juga diharuskan mendaftarkan akun resmi medsos yang dimanfaatkan untuk membantu kampanye pasangan calon yang mereka dukung,” Tambahnya

Supranto Aji berharap penggunaan fasilitas media sosial dalam berkampanye dimanfaatkan dengan baik,  tanpa ada unsur yang bersifat provokatif. Aji mengingat maraknya kampanye hitam yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Pastinya akan banyak pihak pendukung calon yang akan meminjam nama untuk kepentingan tertentu supaya bisa menjatuhkan lawannya.

” Kami harap saat berkampanye melalui medsos nantinya harus edukatif, jangan sampai melakukan kampanye yang bersifat provokatif dan digunakan untuk menyampaikan visi misi pasangan calon yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan adanya pembatasan tiga akun resmi ini maka diharapkan para pendukung tidak akan terprovokasi dengan media sosial lain yang menjelekkan lawan. Karena media sosial melalui internet sangat sulit untuk dibatasi dan menjadi hal paling rawan untuk dimanfaatkan orang berkepentingan tertentu,” katanya. (mo)

__Terbit pada
01/09/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya