BKD Sintang Gelar Diklat Peningkatan Kompetensi Sekretaris Desa Selaku ASN

SINTANG-KALBAR, (MKR): Dalam meningkatkan kualitas kinerja sekretaris desa dalam membantu tugas-tugas pokok kepala desa, maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten sintang menggelar kegiatan Diklat peningkatan kompetensi sekretaris desa selaku ASN yang dilaksanakan di Gedung diklat BKD dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sintang yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Sintang, Senin 31 Agustus 2015.

Penjabat Bupati Sintang Drs. Alexius Akim, MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menjelaskab bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar para Sekretaris Desa semakin memiliki kemampuan dan kecakapan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban selaku sekdes dan menjadikan sekdes yang handal dan profesional, kata Yosepha

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah No 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 6 tahun 2014 Sekretaris Desa mempunyai tugas melakukan koordinasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh unsur teknis danwilayah. Melaksanakan pembinaan dan pelayanan teknis administrasi pemerintah desa dan kemasyarakatan. Melaksanakan urusan keuangan, perlengkapan, rumah tangga desa, suratmenyurat dan kearsipan. Mengumpulkan, mengevaluasi dan merumuskan data dan program untuk  pembinaan dan pelayanan masyarakat. menyusun laporan pemerintah desa. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa

Dalam sambutannya, panitia penyelenggara diklat, Halim Hartadi Mengatakan bahwa tujuan kegiatan diklat ini guna untuk meningkatkan sekretaris desa dalam mengelola keuangan,membentuk kepribadian yang profesional dalam membantu tugas pokok dan fungsi kepala desa, serta untuk meningkatkan keterampilan sekdes dalam pembangunan desa, Kata Halim.

“kami menargetkan sebanyak 38 peserta yang akan hadir, namun pada hari ini hanya 30 orang dikarenakan 2 orang pensiun, 4 sakit, dan sudah 2 meninggal dunia. peserta kegiatan diklat ini terdapat 29 pria, dan 1 wanita. Kegiatan diklat ini dilaksanakan selama 60 jam atau 7 hari kerja efektif” tambah Halim Hartadi.

Dalam pembukaan diklat ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah,  kepala BKD, sejumlah kepala Skpd lingkungan Pemkab sintang, widyasuara, dan peserta diklat. (Humas)

__Terbit pada
31/08/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya