153 Warga Binaan Lapas IIB Sintang Dapat Remisi

SINTANG-KALBAR, (MKR): Bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70, Sebanyak 153 warga binaan di lembaga persmasyarakatan klas IIB sintang mendapatkan remisi dari kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat. Dari jumlah  tersebut 7 diantaranya dinyatakan bebas, sementara 146 lainnya masih harus menjalankan pembinaan.

Kepala lapas klas IIB Sintang Pujiono mengatakan lembaga permasyarakat merupakan wadah untuk membentuk warga binaan menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahanya sehingga setelah keluar dapat diterima kembali di tengah masyarakat

“Semua yang diajukan mendapatkan remisi. Ini merupakan puncak dari pembinaan itu. Untuk mendapatkan remisi terdapat kriteria seprti berkelakuan baik, patuh  menjalankan pembinaan dengan baik. ” Katanya

Dikatakannya ada dua ruang lingkup pembinaan yaitu kepribadian dan kemandirian.

“Kepribadian yaitu ketakwaan, kesadaran hidup berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat. kemandirian artinya pembinaan keterampilan yang mereka sehingga mereka memiliki bekal setelah kembali kemasyarakat.
Lebih lanjut Pujiono mengatakan kepada warga binaan juga  diberikan  Remisi dasawarsa

“Syarat untuk menerima remisi dasawarsa sama dengan remisi umum, hanya saja remisi dasawarsa diberikan satu kali dalam 10 tahun. Di lapas sintang terdapat 151 warga binaan yang mendapatkan remisi dasawarsa. 3 warga binaan dinyatakan bebas sementara 148 masih harus menjalankan pembinaan.” Jelasnya.

Sementara Bupati Sintang Milton Crosby mengatakan pemberian remisi kepada warga binaan merupakan suatu penghargaan pemerinta. Mereka yang mendapatkan remisi merupakan  Warga binaan yang berkelakuan baik.

“ini merupakan wujud penghargaan pemerintah walaupun hak mereka dibatasi, tentu kita sangat memberikan apresiasi kepada menteri hukum dan ham. Harapan dengan remisi ini memberikan motivasi kepada warga binaan lain untuk berkelakuan baik.” Katanya. (mo)

__Terbit pada
17/08/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya