Kemenkue RI Gelar Sosialisasi Kebijakan Dana Desa Di Sintang

SINTANG-KALBAR, (MKR): Kementerian Keuangan RI menggelar Sosialisasi Kebijakan Dana Desa di Kabupaten Sintang, rabu (12/08). Sosialisasi yang digelar di gedung pancasila sintang dihadiri ratusan kepala desa dan camat se kabupaten sintang. Sosialisasi ini juga  melibatkan DPR RI yang diwakili Anggota DPR RI Komisi XI Ir. Michael Jeno.

Anggota Kelompok Kerja Komite Standar Akuntansi Pemerintahan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Drs. Agus M. Kristianto, Ak., sosialisasi kebijakan dana desa ini guna memastikan implementasi Dana Desa dapat berjalan dengan baik.

“sosialisasi di kabupaten Sintang merupakan kali ketiga yang dilakukan  setelah kabupaten Kubu Raya dan kabupaten Kapuas hulu. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini meliputi kebijakan mengenai dana Desa, pengelolaan dana desa dan aspek penggunaan dana desa.” katanya

Lebih lanjut dia mengatakan desa diberikan keleluasaan dalam mengatur kewenangannya baik berdasarkan hak asal usul, kewenangan lokal berskala desa, kewenangan yang ditugaskan pemerintah pusat, provinsi, kota/ kabupaten dan kewenangan lainya.

“ini tercantum dalam Undang- Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.” Katanya

Dia juga menuturkan berdasarkan pagu anggaran dan formulasi anggaran dana desa yang ditetapkan dalam APBN-P 2015, maka sesuai Perpres 36 tahun 2015, pagu anggaran dana desa kabupaten Sintang sebesar Rp 77,05 Miliar. Jumlah tersebut dialokasikan untuk 281 desa di kabupaten Sintang.

“Alokasi dana Desa tahap I di kabupaten Sintang sudah disalurkan pada tanggal 20 mei 2015 dengan jumlah sebesar Rp 30,82 miliar. Penyaluran dana desa ke kabupaten sintang dari pemerintah pusat baru mencapaui 40% dari alokasi dana desa TA  2015.” Tukasnya (mo)

__Terbit pada
12/08/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya