KPU Sintang Seleksi Anggota PPK

SINTANG-KALBAR, (MKR) : Komisi Pemilihan Umum daerah (KPU) Sintang tengah melakukan proses seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah dimulai sejak 19 April dan akan berakhir 19 Mei 2015.

Peroses dimulai dengan pendaftaran calon PPK dan selanjutnya di lakukan Seleksi administrasi dan tertulis.

Ketua KPU kabupaten Sintang Supranto Aji mengatakan dalam minggu ini pihak KPU masih menunggu pengembalian berkas pendaftaran di masing-masing Panitia di 14 Kecamatan se Kabupaten Sintang.

“Sesuai aturan syarat-syarat anggota PPK yakni, WNI, usia minimal 25 tahun,pendidikan minimal SLTA, tidak pernah di jatuhi hukuman penjara minimal 5 tahun, tidak terlibat Partai Politik, dan yang terpenting yakni masukan dari masyarakat terhadap para calon ini agar benar-benar mendapatkan calon anggota PPK yang Netral,” kata Supranto Aji kepada Media ini. rabu ( 29/04).

Supranto Aji juga menegaskan bila hasil seleksi nantinya mendapatkan tanggapan negative, mengundurkan diri atau meninggal Dunia sehingga tidak memenuhi syarat lagi dan mengharuskan dlakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) maka KPU akan menggantinya dengan daftar tunggu.

“ makanya kita berharap pendaftar PPK ini banyak sehingga KPU dapat melakukan seleksi lebih baik lagi,” Tambah Supranto Aji.

Anggota yang telah dua kali berturut turut selama dua priode menjadi anggota PPK tidak bisa lagi daftar. Pembatasan tertuang dalam PKPU Nomor 3. Dengan mengacu UU Nomor 8/2015 tentang pemilihan serentak,” Tambahnya.

Ia menambahkan proses seleksi anggota PPK berjalan serentak di 14 kecamatan Sintang. Anggota KPUD Sintang yang akan melakukan seleksi langsung terhadap para pelamar.

“Seleksi PPK dibagi menjadi lima zona, Tiap anggota KPU mempunyai tanggungjawab di satu zona. Pembagian tersebut guna memudahkan proses seleksi. Sehingga penyelenggara Ad Hoc (PPK) proses seleksinya menjadi lebih mudah.” Pungkasnya (Mo)

__Terbit pada
30/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya