Puskesmas Tanjung Puri Sintang Bentuk Komunitas Diabet dan Hypertensi

SINTANG-KALBAR, (MKR): Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Puri menjadi satu satunya puskesmas di Sintang yang memiliki komunitas peduli penyakit diabetes dan hipertensi. Kepala Puskesmas Tanjung Puri Sintang Yustiandi mengatakan dari 20 puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang, Puskesmas Tanjung Puri ini yang pertama kali yang membuat komunitas peduli penyakit diabetes dan hipertensi .

Hadirnya komunitas ini dapat di jadikan ajang saling berbagi informasi bagi masyarakat Sintang tentang dua penyakit ini.“Anggota komunitas ini terus bertambah setiap minggunya dengan informasi dari para anggota sendiri, sebab setiap jumat kita melakukan senam pagi bersama dan pemeriksaan Gula darah secara gratis, bahkan snacknya pun gratis,” Kata Yustiandi.

kedepan, lanjutnya orang yang datang ke puskesmas atau rumah sakit bukan hanya untuk berobat tetapi Puskesmas juga dijadikan tempat konsultasi kesehatan.”Ini memang bukan penyakit menular, tetapi cukup membahayakan. Di Puskesmas ini saja untuk penderita diabetes yang tergabung dalam komunitas ini baru 98 orang sementara penderita hipertensi 122 orang.” Jelas Yustaiandi
Menurutnya banyak warga yang menderita penyakit ini namun sedikit dari mereka yang mengetahuinya karena tidek terdeteksi secara kasat mata. “ Kita secara rutin mengadakan pengecekan tekanan darah dan kadar gula gratis setiap bulannya, dengan harapan masyarakat dapat segera mengetahui penyakit tersebut sebelum terlambat. Kita juga melayani konsultasi terhadap penyakit ini,” Jelasnya.

Dua Penyakit ini teramsuk katagori mematikan nomor tujuh dan penderitanya kebanyakan di Indonesia. (Mo)

__Terbit pada
16/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya