Bagus Nyoman : Knalpot Racing Pelanggaran Terbanyak

SINTANG-KALBAR,(MKR): Kepolisian Resort Sintang dalam operasi simpatik banyak menemukan pengendara sepeda motor berknalpot racing. Langkah tegas diambil dengan menilang pengendara bersangkutan, meski operasi simpatik seyogyanya hanya untuk mengingatkan pengguna jalan soal aturan berlalu lintas. Demikian diungkapkan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sintang Ajun Komisaris (AKP) Bagus Nyoman GJ, kemarin.

“Kalau pelanggaran fatal tetap ditilang. Tapi persentase penilangan tidak besar. Hanya 20 persen. Selebihnya kita lebih kepada penyuluhan supaya aturan lalu lintas ditaati,” kata Bagus.

Menurutnya total persentase pengendara yang ditilang dominan karena pemakaian knalpot racing. Kemudian tidak memakai helm saat berkendara.

“Mengabaikan pemakaian helm bukan hanya melanggar aturan. Keselamatan pengendara sendiri juga menjadi berisiko. Maka kita tindak tegas,” kata Bagus.

Bagus menegaskan operasi simpatik tidak bertujuan mencari kesalahan pengendara. Justru kepolisian ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat berlalu lintas. Misal agar masyarakat menyiapkan kelengkapan kendaraan saat berkendara. “Contohnya ketika spion sepeda motor hanya satu dipasang, kita akan langsung mengingatkan supaya dipasang lengkap,” ucapnya.

Bagus melanjutkan operasi Simpatik Polres Sintang yang sudah berjalan bukan hanya menyasar pengendara di jalan raya. Namun berbagai tempat juga didatangi. Misal bersosialisasi di sekolah. Kemudian mendatangi terminal. Berbagai elemen serta komunitas masyarakat digandeng untuk mengkampanyekan aturan berlalu lintas.

“Kalau sekolah, kita sudah datang ke SMKN 1 Sintang. Jika terminal ada dua yang didatangi. Terminal Sungai Durian dan Terminal Pasar Inpres. Kita juga membagi famlet di sana. Intinya, kita mengadakan langkah preeventif,” terang Bagus.

Bagus menambahkan, usai operasi simpatik akan berlanjut dengan operasi patuh. Tidak langsung dengan operasi zebra. Pihaknya sangat berharap para pengendara dapat mematuhi aturan berlalu lintas, dan mampu menjadi pelopor keselamatan lalu lintas. Minimal bagi diri pengendara sendiri. (Mo)

__Terbit pada
10/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya