Satu Napi Kabur Dari Lapas

SINTANG-KALBAR, (MKR) : Satu narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Sintang bernama Suat bin Sarpani (57), melarikan diri, Senin (06/04) Sore.
Kalapas Kelas IIB Sintang, Pudjiono saat dijumpai wartawan membenarkan bahwa satu diantara seorang narapida yang tengah menjalani masa kurungan diluar atau asimilasi telah melarikan diri dari Lapas IIB Sintang

” Napi yang bersangkutan melarikan diri dari Lapas IIB, usai melakukan kewajibannya merawat taman disekitar lapas, pada hari senin (6/4) sekitar pukul 16.00 sore,” katanya
Kalapas mengatakan pihaknya sama sekali tidak menaruh kecurigaan, pasalnya narapidana yang hanya menyisakan waktu dua bulan untuk dinyatakan bebas dikenal baik dan selalu patuh maupun taat dalam menjalankan peraturan di lapas.

” Saat itu kita memberikan tugas untuk membersihkan perkarangan Lapas. Tugas tersebut diembankan bagi napi yang tengah menjalani tahap asimilasi. Saat petugas mengumpulkan para napil, napi tersebut sudah tidak ada dan dipastikan melarikan diri,” katanya.

Diketahui, Suat adalah warga Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Ia merupakan terpidana Kasus Pembunuhan terhadap istrinya, dipidana 8 tahun penjara dan sudah menjalani hukuman. Sesuai jadwalnya yang bersangkutan akan bebas pada juni 2015 mendatang.

“Tidak menyangka dan tidak habis pikir, yang bersangkutan nekat melarikan diri, padahal sebentar lagi akan bebas. Akibat, dari perbuatannya ini, kami akan mengusut kasus melarikan diri dan akan diusulkan ke pengadilan negeri,” jelasnya.

Dikatakan Pudjiono pihaknya telah membentuk tiga tim atau kelompok pencarian untuk melakukan pengejaran dan penyisiran keberadaan Suat.

” Saya sudah perintahkan petugas, untuk melakukan pencarian di dalam kota, luar kota dan tempat-tempat yang dicurigai,” katanya.

Kedepannya, Lapas IIB Sintang juga akan berkoordinasi atau meminta bantuan pihak Kepolisian Resort (Polres) Sintang untuk menangkap kembali Suat.

“Kami akan layangkan Surat ke Polres, untuk meminta bantuan,” tukasnya. (Mo)

__Terbit pada
07/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya