Jalan Rusak Memakan Korban

SINTANG- KALBAR,(MKR): Warga Desa Baning Sintang mengeluhkan kondisi ruas jalan Oevang Oeray yang mengalami rusak parah. Pasalnya, akibat dari buruknya infrastruktur ini, menyebabkan kerap terjadinya kecelakangan.

Sintang. Baru-baru ini, Selasa (31/3) sekitar Pukul 20.00 Malam terjadi sebuah kecelakaan kendaraan sepeda motor di ruas jalan YC Oevang Oeray Sintang. Akibat dari kecalakaan tersebut korban mengalami luka parah dan harus dirawat intensif di Rumah Sakit.

Menurut keluarga korban, Hery Lingga, membenarkan bahwa adiknya menjadi satu diantara korban kecelakaan di Jalan Oevang oeray Sintang, pada malam kemarin.

” Dia terjatuh akibat terperosok sejumlah lubang yang berada di jalan Oevang Oeray tersebut,” ujarnya, Rabu (1/4).

Akibat dari kelacakaan tersebut, lanjutnya, korban harus mendapatkan tindakan medis dan perawatan lebih lanjut.

” Kedua tangannya harus dijahit, karena mengalami luka robek. Sedangkan, sepeda motornya juga mengalami rusak parah,” katanya.

Dikatakannya, hampir sepanjang Jalan Oevang oeray mulai dari kawasan simpang lima hingga tugu beji, terdapat kerusakan yang sangat parah dan membahayakan pengendara roda dua maupun empat yang melintasi jalan berstatus nasional tersebut.

” Kecelakaan memang kerap terjadi di ruas jalan Oevang Oeray,” katanya.

Melihat kondisi seperti itu, ia mempertanyakan upaya Pemerintah tingkat daerah maupun pusat, yang hingga saat ini tidak merespon jeritan masyarakat selama ini yang harus menderita akibat minimnya pembangunan infrastruktur di wilayah timur kalimantan ini.

” Kondisi ini sudah bertahun-tahun harus di alami oleh masyarakat. Padahal, keberadaan ruas jalan ini sangat penting, sebab merupakan poros utama menghubungkan antara Kabupaten Sintang ke Kabupaten Kapuas Hulu,” katanya.

Oleh karena itu, tambahnya pemerintah harus bertanggung jawab atas kerugian yang selama ini dialami oleh masyarakat akibat kerusakan jalan ini dan segera membenahi sejumlah infrastruktur di Kabupaten Sintang.

” Bila dibiarkan, di khawatirkan dapat menimbulkan korban lebih banyak lagi dan sektor perekonomian masyarakat terhambat,” katanya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sintang, AKP. Bagus Nyoman, mengatakan selain faktor kelalaian manusia dalam berkendara, ternyata faktor kondisi jalan juga sangat mempengaruhi dalam menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas tunggal atau yang melibatkan satu kendaraan.

” Kondisi jalan yang rusak seperti Jalan MT. Haryono dan Jalan Oevang Oeray merupakan wilayah yang rawan akan kecelakaan, sebab kondisi jalan tersebut kondisinya sangat memprihatinkan, terdapat sejumlah lubang besar,” katanya, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Kasatlantas mengatakan dari kecelakaan tunggal ini jarang sekali memakan korban jiwa. Jika ada korban kebanyakan hanya korban luka berat dan ringan, karena korban hanya terjatuh dari kendaraan.

Dikatakannya, pihaknya telah berupaya dalam menekan terjadinya kecelakaan di wilayah hukum Polres Sintang, seperti melakukan tindakan preemtip dan preventif, bahkan pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten sintang, dalam hal ini Dinas Perhubungan dan PU.

” Dalam menekan angka kecelakaan ini, kita telah berkoordinasi dengan semua pihak,” katanya. (Mo)

__Terbit pada
01/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya