BMKG Siap Dukung Operasional Bandara Tebelian

SINTANG-KALBAR, (MKR): Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat menyatakan sangat mendukung operasional Bandara Tebelian, bahkan Lembaga Pemerintah Non Departemen tersebut sudah menganggarkan dana pada Tahun 2015 ini untuk pembangunan kantor dan sarana prasarana pendukung di kompleks Bandara Tebelian. Hal tersebut terungkap saat Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak Bambang Hargiyono yang didampingi Bupati Sintang Milton Crosby mengunjungi Bandara Tebelian pada, Rabu 1 April 2015.

Bupati Sintang Milton Crosby ketika berada di Bandara Tebelian berbincang dan menjelaskan kepada kepala BMKG Supadio Pontianak bawah jalan masuk menuju bandara akan segera di tender sehingga berbagai persiapan sarana penunjang operasional Bandara Tebelian terus menerus dikerjakan.

“jalur kabel telkom juga akan segera dipasang melalui jalur bawah tanah. Pertamina juga siap membangun tangki stok avtur” jelas Bupati Sintang.

Saat berada di landasan pacu, Bupati Sintang menjelaskan bahwa akan ada penambaha 250 meter pada Tahun 2015 ini. Total tanah yang sudah dibebaskan sekitar 148 Hektar. Dan per Januari 2015 ini ada perubahan aturan yang mana seorang bupati sudah tidak boleh membebaskan tanah diatas 5 hektar.

“Kalaupun harus membebaskan tanah diatas 5 hektar, harus ada izin gubernur. Jalan kiri kanan menuju masuk bandara juga akan dipagar, untuk menjaga keamanan di dalam bandara dan mencegah orang masuk sembarangan ke kawasan bandara dan untuk menjaga keselamatan warga juga” jelas Bupati Sintang kepada Kepala BMKG Supadio Pontianak dan rombongan.

“pada tanggal 17 April 2015 nanti, anggota Komisi II DPR RI akan berkunjung ke Sintang, dan saya akan membawa mereka ke Bandara Tebelian ini” terang Bupati Sintang.

Irmansyah dari Dishubkominfo Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa pihaknya sudah memperhitungkan untuk pembangunan Bandara Tebelian ini, dengan melakukan pemotongan sekitar 20 meter terhadap tower M3 untuk memperlancar dan menjaga keamanan proses penerbangan.

Kepala BMKG Supadio Pontianak Bambang Hargiyono yang didampingi Yohanes dari BMKG Sintang menyampaikan bahwa Untuk memperlancar persiapan dan proses berlangsungnya ujicoba penerbangan di Bandara Tebelian, pada tahun anggran 2015 dari BMKG mendukung sepenuhnya dengan mengalokasikan anggaran. “anggaran tersebut akan kita gunakan pembangunan gedung dan untuk alat pendeteksi informasi cuaca penerbangan di Bandara Tebelian ini. Apabila rencana bulan Agustus 2015 ada rencana pelaksanaan ujicoba penerbangan, maka nanti kita akan menyiapkan alat portable cuaca dan petunjuk arah mata angin untuk digunakan saat itu nanti” pungkas Bambang Hargiyonon (Humas)

__Terbit pada
01/04/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya