Urus Dokumen Kependudukan Gratis, Taufik: Jangan Melalui Calo

SINTANG-KALBAR, (MKR) : Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang, Syarif Muhammad Taufik meminta masyarakat yang hendak mengurus dokumen Kependudukan untuk datang langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Pengurusan administrasi kependudukan di Kabupaten Sintang tidak dipungut biaya.

“Kalau mau mengurus dokumen Kependudukan harus datang langsung, jangan mengurus melalui calo. Pengurusan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya,” ujar M Taufik belum lama ini.

Digratiskanya pengurusan dokumen Kependudukan sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor.24 Tahun 2013 perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan menyebutkan warga harus mengurus sendiri Administrasi Kependudukannya. Tetapi, banyak masyarakat belum mengetahui tentang penggratisan semua Administrasi Kependudukan.

Taufik mengaku siap menindak tegas jika ada oknum di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang tetap menarik pungutan. Pihaknya mendorong warga untuk melapor ke Disdukcapil jika menemui pungutan tersebut.“Jika menemui di luar itu warga bisa melapor.” tukasnya.

Lebih lanjut Taufik mengatakan sampai hari ini perekaman KTP Elektronik di Kabupaten Sintang masih terus berjalan.Hingga pertengahan Maret 2014 jumlah masyarakat yang telah melakukan rekaman mencapai 269.377 jiwa.Dari jumlah tersebut baru 218.641 yang sudah menerima KTP Elektronik fisik.

menurutTaufik, saat ini pihaknya telah dapat mencetak fisik KTP elektronik. Sehingga ia yakin pengurusan KTP Elektronik tidak memakan waktu lama. “Kalau kondisi normal satu hari bisa jadi,” kata dia.(Mo)

__Terbit pada
30/03/2015
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya